Duta GenRe Tingkat Kelurahan se Pekanbaru Dilantik

Pelantikan Duga GenRe Tingkat Kelurahan se Pekanbaru

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dalam rangka percepatan penurunan stunting dari hulu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia melantik Duta GenRe tingkat kelurahan di Kota Pekanbaru, Selasa 15 Februari 2023.

Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia dalam sambutannya menyampaikan, Riau mempunyai sekitar 1.856 kelurahan atau desa, Perwakilan BKKBN Provinsi Riau diminta untuk mengukuhkan Duta Genre tingkat desa atau kelurahan.

Hal tersebut disampaikan pada kegiatan Pelatihan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) se Kota Pekanbaru bertempat di Aula Lancang Kuning Perwakilan BKKBN Provinsi Riau pada 14 Februari 2023.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, BKKBN diberi amanat lewat salah satu programnya yaitu mewujudkan keluarga sehat dan keluarga berkualitas. Harapannya melalui program ini kita siap meraih Bonus Demografi dan Indonesia Emas di tahun 2045,” ucap Mardalena.
Dikatakann, Bonus Demografi adalah masa dimana penduduk usia produktif 15 sampai 64 tahun lebih banyak daripada usia non produktif, ketika yang banyak ini tidak mempunyai sdm yang berkualitas, tidak mempunyai integritas, tentu hal ini akan menjadi beban.

Sesuai dengan jumlah remaja yang hampir 35 persen dari total penduduk Indonesia saat ini, berbagai tantangan sudah ada didepan mata. Mengingat permasalahan pada remaja sangatlah kompleks. Apalagi di era serba digital seperti yang dirasakan saat ini.

“Untuk itu BKKBN sebagai salah satu lembaga yang diberi amanat dalam program Generasi Berencana menjadikan remaja usia 10-24 tahun yang belum menikah sebagai sasarannya untuk penyiapan generasi emas tersebut. Harapannya remaja bisa menikmati lima transisi kehidupan, kapan sekolah, bekerja, membantu orang tua, menikah dan kembali ke tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Mardalena berharap dengan adanya pengukuhan Duta Genre Tingkat Kelurahan se Kota Pekanbaru ini dilaksanakan aksi nyatanya bisa berbagi kepada teman sebaya dilingkungannya dan tergabung dengan program GenRe dimana dilaksanakan dilokus pusat informasi konseling remaja, baik itu disekolah maupun ditengah-tengah masyarakat, diharapkan remaja bisa menjadi agen-agen perubahan untuk menuju remaja yang sehat, berintegritas, sehingga apa yang menjadi cita-cita bisa dilaksanakan yaitu Indonesia Emas akan direbut dan Bonus Demografi akan dinikmati.

“Minimal remaja di lingkungan tempat tinggal bisa berbagi terutama bagaimana persiapan kehidupan bagi remaja karna salah satu tugas BKKBN sekarang ini adalah bagaimana percepatan penurunan stunting dan ini kita lakukan pencegahan dari hulu tentu dipersiapkan dari remaja dan nantinya sebagai calon ibu, kata kuncinya bagaimana pendewasaan usia perkawinan sehingga remaja nanti melangsungkan perkawinan ketika waktunya sudah tiba minimal 21 perempuan dan 25 laki-laki,” urainya.

Turut hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Kota Pekanbaru dan Kabid K3 serta seluruh jajaran, Forum GenRe Riau beserta anggota, Duta GenRe Indonesia, Duta GenRe se Kota Pekanbaru serta anggota dan pengurus PIK Remaja. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews