Puluhan Napi Rutan Batusangkar Positif Covid-19

rutan batusangkar

LAMANRIAU.COM, BATUSANGKAR – Sebanyak 53 narapidana (napi) dan petugas di Rumah Tahanan (Rutan) Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat positif Covid-19. Akibatnya Bupati Tanah Datar Eka Putra mengunci Rutan tersebut.

Baca : Sepanjang 2020, 921 Warga Binaan di Riau Positif Covid-19

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan sebelum memutuskan untuk lockdown rutan tersebut terlebih dahulu melakukan rapat terbatas bersama Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan, Ketua DPRD Tanah Datar sekaligus berkoordinasi intensif dengan pihak Rutan.

“Dari hasil rapat terbatas tersebut disepakati, seluruh napi yang positif karantina dalam Rutan Batusangkar. Sementara napi yang negatif pindahkan ke Rutan lainnya di Sumbar. Untuk sementara rutan tersebut tutup untuk berkunjung,” katanya.

Awalnya kata Bupati, ada dua warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19, mendapatkan laporan ini, dia (bupati) memerintahkan Kadis agar melakukan testing dan tracing secara menyeluruh kepada seluruh warga binaan dan petugas. “Hasilnya 44 warga binaan dan 9 petugas terkonfirmasi positif Covid-19,” jelas Eka.

Eka mengatakan, pihaknya akan semakin menggencarkan testing dan tracing. Meski banyak kasus yang temukan, tidak masalah karena bisa antisipasi lebih cepat. “Saya juga telah minta Kadis Kesehatan agar melakukan testing dan trakcing secara menyeluruh kepada seluruh warga binaan dan petugas,” ujarnya.

Dalam teorinya, ujarnya, semakin banyak testing maka akan semakin banyak kasus. Ini lebih baik dari pada sedikit testing dan sedikit kasus. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *