Saka Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin Kwarcab Kota Pekanbaru Resmi Dilantik

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi, melantik Tek P. Siboro, S.T., M.Si sebagai Ketua MPG Pramuka Satuan Karya Dirgantara Roesmin Nurjadin dan Letkol Kes R. Novita Sinaga, SKM sebagai Pimpinan Saka Dirgantara.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Majelis Pembimbing, Pimpinan, Pamong dan Instruktur Satuan Karya Pramuka (Saka) Dirgantara masa bhakti 2020-2025 resmi dilantik bersama Saka Bhayangkara, Saka Widya Budaya Bhakti, Saka SAR dan Saka Tarunabumi pada Minggu 27 November 2022 kemarin di Perkantoran Walikota Pekanbaru, Tenayan Raya.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi, S.STP, M.Si melantik Kadispotdirga Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Tek P. Siboro, S.T., M.Si sebagai Ketua MPG Pramuka Satuan Karya Dirgantara Roesmin Nurjadin dan Kasi Tahwildirga Dispotdirga Letkol Kes R. Novita Sinaga, SKM sebagai Pimpinan Saka Dirgantara.

Masykur dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh Majelis Pembimbing Saka, Pimpinan Saka, Pamong Saka dan Instruktur Saka yang telah dilantik pada kesempatan ini.

“Semoga dengan pelantikan akan menambah energi yang positif sebagai insan pramuka dengan melaksanakan tugas yang mulia yang telah diberi amanah yaitu mengantar generasi muda kepada generasi yang lebih baik,” ucapnya.

“Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah yang melingkupi lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, dengan tujuan membentuk kader bangsa dan kader pembangunan yang beriman dan bertakwa serta perluasan ilmu pengetahuan dan teknologi,” katanya.

Gerakan Pramuka harus mampu membentuk perilaku yang positif menguasai keterampilan dan kecakapan meliputi ketahananan mental, moral, spiritual emosional intelektual dan fisik yang baik.

*Satuan Karya adalah salah satu organisasi pendukung dari Gerakan Pramuka yang merupakan satuan organisasi bagi peserta didik untuk pembinaan peningkatan pengetahuan dan keterampilan bidang tertentu serta melakukan kegiatan yang nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat,” tambah Masykur.

Hal senada disampaikan oleh Mabisaka Dirgantara Siboro dengan mengatakan bahwa Saka Dirgantara adalah wadah kegiatan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan guna menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasional. Satuan Karya ini membidangi bidang kedirgantaraan.

“Sebagai generasi muda harus mampu menjadi generasi penerus bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi,” kata Siboro.

Lebih lanjut dengan kegiatan pelantikan ini, Kak Siboro mengajak sama-sama menjalankan tugas yang diberi amanah yang sangat mulia dengan membentuk generasi penerus, generasi berkarakter serta menjadikan pemimpin di masa datang yang sangat diharapkan.

“Ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua, artinya kita harus bersungguh-sungguh untuk membentuk generasi yang handal dimasa yang akan datang, banyak teori kepemimpinan untuk menjadi pemimpin yang handal tetapi prakteknya tidak mudah untuk dapat dilaksanakan,” ungkapnya. 

“Kami sebagai pemimpin Saka Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin sebagai contoh teladan dimulai dengan cara kita bersikap, berbicara dengan apa yang kita sampaikan, menolong dan berdisiplin untuk menjadi contoh kepada adik adik kita nantinya,” pungkas Siboro.

Sementara, Pimpinan Saka Dirgantara Kak Novita menambahkan bahwa Saka Dirgantara tetap aktif berlatih di tengah pandemi Covid-19, terhadap program yang telah disusun dan direncanakan sejauh ini terlaksana dengan baik .

“Hal ini merupakan kerjasama yang baik antara Pamong, Instruktur, Dewan Saka maupun adik-adik anggota Saka Dirgantara khususnya Angkatan Tahun 2022.,” terangnya.

“Di masa yang akan datang kita mengajak Pamong, Instruktur dan Dewan Saka untuk terus bersemangat dalam melaksakanan Latihan sehingga disaat penutupan Latihan Saka Dirgantara bulan depan mereka mempunyai semangat untuk dapat membawa teman-temanya yang berada di Gugus Depan dapat bergabung di Saka Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin,” kata  Novita. +++

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Febriko

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *