Malam-malam, Lapas Kelas IIB Telukkuantan Disidak Kakanwil Kemenkumham Riau

Kakanwil Kemenkumham Riau Mohd Jahari Sitepu melakukan Sidak ke Lapas Kelas IIB Telukkuantan, Senin (28/11/2022) malam.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Kakanwil Kemenkumham Riau Mohd Jahari Sitepu, Senin 28 November 2022 malam melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Lapas Kelas IIB Telukkuantan. Sidak yang dilakukan sekitar pukul 22.00 WIB ini guna memastikan kondisi Lapas yang konon disebut sebagai Lapas terpadat kedua di Indonesia tersebut berjalan aman dan kondusif.  

“Lapas Kelas IIB Telukkuantan ini memiliki kapasitas normal hunian hanya 53 orang, namun saat ini dihuni sebanyak 343 orang. Artinya Lapas ini mengalami overload hunian sebesar 650 persen,” ujar Jahari. 

Dikatakan Jahari lagi, saat disidak jumlah petugas pengamanan hanya sebanyak lima orang. Namun ini tidak menyurutkan semangat petugas dalam melaksanakan fungsi pengamanan.

“Pastikan tidak ada seorang warga binaan pun berada di luar kamar hunian pada malam hari. Cek gembok kamar hunian dipastikan sudah terkunci dengan baik. Petugas jaga harus rutin kontrol keliling. Siaga dan waspada. Jangan lengah sedikit pun,” ujar Kakanwil dihadapan Kalapas Telukkuantan, Bejo, dan jajarannya.

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil juga sempat berbincang dengan warga binaan. Ia meminta warga binaan ikut serta menjaga dan memelihara kondusivitas Lapas. 

“Anggap saja ini rumah kita sendiri. Mari saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Kita semua bersaudara,” pesan Kakanwil. 

Jahari juga berpesan kepada petugas agar dapat selalu mengayomi warga binaan. 

“Perlakukan saudara-saudara warga binaan secara humanis. Penuhi hak-hak mereka. Jangan sekali-kali kalian lakukan pungli, menyelundupkan HP apalagi Narkoba. Ketahuan dengan saya, saya sikat, saya pecat,” ujarnya mewanti-wanti.***

Editor/Penulis: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *