Riau  

Pemprov Riau Alokasikan Dana Rp318 Miliar Untuk BUMDes

Gubri Syamsuar saat membuka kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Riau.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau akan membantu modal usaha untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebesar Rp318,2 miliar dalam pagu APBD Perubahan tahun 2019 ini. Masing-masing desa nantinya akan mendapatkan suntikan dana segar sebesar Rp200 juta.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau, Syamsuar, saat membuka acara pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Riau, di Furaya Hotel Pekanbaru, Jumat (29/3).

Syamsuar berharap dengan adanya bantuan dana dari Pemprov Riau ini bisa menjadi stimulus untuk mengembangkan usaha di masing-masing BUMDes.
Sebab sejauh ini masih banyak BUMDes di Riau yang belum maksimal dalam menjalankan usahanya.

“Kami berharap dana desa yang Rp200 juta itu bisa dimanfaatkan untuk BUMDes. Sehingga kedepan seluruh desa memiliki BUMDes dan bisa menjalankan usahanya untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Syamsuar juga mengingatkan, bahwa dana yang dialokasi sebesar Rp200 juta ke seluruh desa di Riau tersebut tidak disalahgunakan. Sebab dana ini khusus untuk pengembangan BUMDes, bukan untuk pembangunan insfrastruktur.

“Kami mendapat masukan dari pendamping desa banyak juga kepala desa masih memperioritaskan dana desa untuk infrastruktur. Mereka belum mau mengalokasikan dana desa yang diberikan APBD untuk BUMDes,” katanya. (adv)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *