Pecahkan Rekor, Sepatu Sneaker Langka Terjual Rp 6,1 Miliar

Sepatu sneaker Nike Moon Shoes/Net

LAMANRIAU.COM, NEW YORK – Rumah lelang Sotheby di New York, Amerika Serikat (AS), baru saja mengadakan lelang sneaker langka untuk pertama kalinya.

Pihak Sotheby menyatakan, rekor dunia baru untuk sepasang sepatu sneaker langka telah ditetapkan pada acara pelelangan, Selasa (23/7/2019) waktu setempat, ketika seorang kolektor mengeluarkan dana sebesar US$ 437.500 atau sekitar Rp 6,1 miliar (kurs Rp 14.100) untuk membeli sepatu sneaker Moon Shoes yang dibuat oleh co-founder Nike, Bill Bowerman, pada tahun 1972.

Hasil lelang tersebut, memecahkan rekor sebelumnya sebesar US$ 190.373, untuk sepasang sepatu converse yang dikenakan oleh legenda basket AS, Michael Jordan, di babak final Olimpiade 1984.

Nilai penjualan yang dihasilkan oleh sepatu sneaker Moon Shoe tersebut, jauh di atas perkiraan pra-penjualan yang diharapkan oleh pihak Sotheby sebesar US$ 160.000.

Kolektor asal Kanada, Miles Nadal, menjadi penawar tertinggi yang berhasil membawa pulang sepatu langka yang hanya diproduksi 12 pasang tersebut.

“Saya senang sekali mendapatkan Nike Moon Shoes yang ikonik. Salah satu sepatu paling langka yang pernah diproduksi, dan artefak sejati dalam sejarah olahraga dan budaya pop,” kata Nadal.

Nadal berencana menampilkan seluruh koleksi sneaker langka miliknya, termasuk sepatu Nike yang dikenakan oleh aktor Marty McFly dalam film Back To The Future II, di museum pribadinya yang berlokasi di Toronto, Kanada. (afp)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *