Riau  

Menteri LHK: Ada Oknum Kuasai 3 Ribu Hektare Lahan di Taman Nasional Tesso Nilo Riau

Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) terbakar.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengaku sudah mengantongi oknum yang menguasai lahan hingga 3 ribu hektare di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Pelalawan.

“Kita sudah punya petanya. Di lokasi ada petani kecil yang menguasai lahan 3 hektare namun ada juga mafia tanah yang memiliki lahan hingga 3 ribu hektare,” ujar Menteri Siti usai meninjau kebakaran hutan dan lahan di Langgam, Pelalawan, Selasa (13/8/2019).

Lebih lanjut Siti menegaskan pihaknya akan menuntaskan persoalan kawasan TNTN itu secara komprehensif. Termasuk penagakan hukum. Karena Kapolri juga sudah mempertegas tentang langkah-langkah penegakan hukumnya.

Pihaknya mengaku sudah melakukan kajian dan mempelajari kawasan TNTN ini sejak tahun 2016 lalu. Sejauh ini pihak Kementrian LHK sudah menyiapkan beberapa skema untuk menyelamatkan kawasan TNTN ini. Baik dari perambahan maupun dari kebakaran lahan.

“Kita tau ada sekitar 8 ribuan kepala keluarga dikawasan TNTN ini yang harus ditata. Bersama Pak Gubernur nanti kita siapkan penyelesaianya,” katanya.

Sementara itu dari peninjauan udara, Menteri Siti Nurbaya mengungkapkan, kebakaran lahan di kawasan TNTN terus meluas. Bahkan hingga saat ini api yang melalap kawasan ini masih belum bisa dipadamkan.

“Tadi kita melakukan peninjauan dari udara di wilayah Pelalawa, kita terbang di atas teso nilo, cukup parah kebakaran lahanya, bahkan sudah masuk ke bagian tengah,” ujarnya.

Masih di sekitar kawasan TNTN, heli yang membawa rombongan ini terbang ke arah timur. Di sana terlihat banyak koridor-koridor yang merata kebakaran lahanya. Bahkan jika dilihat dari udara terlihat jelas asapnya cukup banyak dan meluas.

“Kami menelusuri ke arah timur, kami lihat koridor-koridor di wilayah itu kebakaranya merata, asapnya juga cukup banyak, seluruhnya itu kebuh sawit. Kita akan cek dan telusuri keberadaan kebun sawit ini apakah bermasalah. Prinsipnya dari sisi kekuatan hukum dan penegakan serta penindasan hukum instrumennya sudah ada. Bisa administratif, perdana dan pidana,” katanya.

Rombongan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanatan (LHK) Siti Nurbaya bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Letjen TNI Doni Munardo meninjau kebakaran hutan dan lahan di tiga daerah di Riau. Yakni di Pelalawan , Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

Setelah melakukan peninjauan kebakaran hutan dan lahan di tiga wilayah tersebut rombongan kembali ke Pekanbaru dan langsung terbang ke Jakarta sekitar pukul 13.00 Wib. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *