Anggota DPRD Riau Hasil Pemilu 2019 Dilantik 6 September

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU
Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Produk Hukum Sekwan DPRD Riau, Muflihun, S.STP, M.A.P mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan persiapan menjelang pengukuhan dan pelantikan anggota DPRD Riau terpilih periode 2019-2024.

“Pelantikan anggota DPRD Riau terpilih Insyaallah dipastikan pada tanggal 6 September 2019 mendatang di gedung DPRD Riau pada pukul 09.00 WIB. Saat ini segala persiapan sudah kami lakukan,” kata Muflihun, Senin (26/8).

Dia mengatakan, sesuai arahan dari Kementerian Dalam Negeri, jadwal pelantikan tersebut berkenaan juga berakhirnya masa jabatan anggota DPRD Riau periode 2014-2019.

“Sesuai arahan tak ada waktu kosong bagi jabatan DPRD, maka pelantikan ini dijadwalkan bertepatan berakhirnya jabatan anggota dewan saat ini,” imbuhnya.

Berbagai persiapan dilakukan, kata Muflihun, mulai dari sarana, konsumsi hingga pihak keamanan. Termasuk kepastian hadirnya Kepala Pengadilan Tinggi Riau yang akan mengambil sumpah jabatan anggota dewan baru.

Kondisi ruang rapat paripurna yang tidak terlalu luas, sekretariat juga membatasi jumlah tamu yang hadir antara 650 hingga 700 orang. Karena itu dihimbau bagi anggota dewan terpilih nanti yang akan membawa pihak keluarga atau tim pendukung, maksimal dibatasi hanya 10 orang.

Jika tamu undangan yang hadir tidak tertampung di ruang paripurna, pihaknya akan mempersiapkan tempat di lobi medium atau ruang terbuka dengan dilengkapi layar untuk melihat prosesi pelantikan wakil rakyat terpilih.

“Kapasitas di ruang paripurna itu kan 1200 kursi, kita prediksi ini bakal penuh, sehingga kami menyiapkan lobi medium dengan layar agar para tamu undangan dapat melihat pelantikan melalui layar,” tutur dia.

Dia menambahkan, rapat paripurna dalam rangka membuat sumpah dan janji Anggota DPRD Riau periode 2019-2024 dibuat dengan konsep yang tak jauh berbeda dengan pelantikan periode sebelumnya.

“Kita melaksanakan pelantikan sesuai dengan Tatib Dewan, sehingga idak ada yang berbeda dari pelantikan sebelumnya,” ucapnya.

Sebanyak 65 anggota DPRD Riau terpilih untuk periode 5 tahun kedepan hampir separuh diisi oleh wajah baru. Sisanya merupakan petahana dari periode sebelumnya. (rul)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *