Riau  

Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Uji Coba Hari Ini, Tol Pekanbaru-Padang Ditargetkan Rampung Dua Tahun

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Tol Pekanbaru-Dumai seksi I resmi dioperasikan, Senin (23/12/2019). Uji coba tol ini akan berlangsung selama 11 hari atau hingga 2 Januari 2020.

Selama ujicoba, pengendara yang melintasi jalan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Selain membangun proyek tol Pekanbaru-Dumai, dan Pekanbaru-Padang, Pemerintah Pusat juga akan membangun tol Pekanbaru-Jambi. Tol ini melintasi Rengat diprediksi sepanjang 205 kilometer.

Saat ini tim konsultan sedang bekerja di lapangan untuk menentukan trasenya. Tim konsultan yang melakukan sirvei dan kajian terkait jalur tol Pekanbaru-Rengat ke Jambi.

“Tim konsultan itu nanti menentukan pilihan lewat mana. Sekarang mereka sedang bekerja di lapangan,” kata Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HK) Muhammad Zulfan akhir pekan lalu.

Jika hasil survei penetapan trase dan penetapan lokasi yang dilakukan oleh tim konsultan selesai awal tahun depan, maka proses pembangunan tol Pekanbaru-Rengat ke Jambi sudah bisa mulai dikerjakan awal tahun depan.

“Mudah-mudahan, kalau awal tahun depan selesai, kita akan langsung mulai pembangunanya,” katanya.

Begitu juga dengan tol Pekanbaru-Padang ditergatkan penetapan lokasi atau penlok selesai akhir tahun ini. Jika penlok selesai dan disetujui oleh gubernur Riau, maka HK pun siap untuk mulai melakukan pembangunan.

“Kalau Penlok disetujui Desember, awal tahun kita mulai pembangunnya, target dua tahun selesai,” katanya.

Saat ini diakui Fauzan, untuk pembebasan lahan yang masuk ke wilayah Sumbar masih menemui banyak kendala.

Sehingga proses pembangunnya kemungkinan besar akan di mulai dari Pekanbaru dan Kampar. Sambil menunggu proses ganti rugi lahan di wilayah Sumbar selesai.

“Pembebasan lahan yang di Seksi I Padang – Sicincin itu banyak hambatan, makanya kita berinisiatif mulai dari Pekanbaru – Bangkinan menuju ke Pangkalan,” sebutnya.

Jalan tol Pekanbaru-Padang terbagi menjadi enam seksi dangan panjang tol 255 kilometer.

Dimulai Seksi I Padang- Sicicin, kemudian Seksi II Sicicin-Bukittinggi, Seksi III Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh-Pangkalan.

Seksi V Pangkalan-Bangkinan dan terakhir Seksi VI Bangkinang-Pekanbaru. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *