Kampus  

7 Januari, Registrasi Akun LTMPT Ditutup

Wakil Rektor Bidang Akademik Unri Prof Dr M Nur Mustafa MPd.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2020/2021 Universitas Riau, dibuka melalui tiga jalur utama. Jalur pertama yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), kedua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ketiga Jalur Mandiri di masing-masing PTN.

Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Unri Prof Dr M Nur Mustafa MPd, menyampaikan, siswa dan siswi SMA/MA/SMK kelas 12 agar memperhatikan jadwal untuk melakukan registrasi akun melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id.

“Hal ini dikarenakan registrasi atau membuat akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dimulai pada 2 Desember 2019 lalu akan berakhir pada 7 Januari 2020,” jelasnya.

Disebutkan, sekolah siswa calon pendaftar yang telah registrasi atau membuat akun LTMPT dapat mengisi Data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai tanggal 13 Januari sampai 6 Februari 2020.

“Setelah sekolah mengisi PDSS, siswa dapat melakukan pendaftaran jalur masuk SNMPTN mulai 11 sampai 25 Februari 2020, dan Pengumuman Hasil SNMPTN pada 4 April 2020,” kata M Nur.

Dia mengingatkan bahwa ketentuan umum dan persyaratan pelaksanaan SNMPTN dilakukan berdasarkan nilai akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

“Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun, atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun,” ujarnya.

“Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah, maka ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar melalui jalur SNMPTN 2020 dengan ketentuan sebanyak 40 persen sekolah yang terkreditasi A, akreditasi B 25 persen, dan akreditasi C dan lainnya 5 persen,” sambungnya mengakhiri.

Sementara Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unri,  Azhar Kasymi SH menjelaskan, peserta SNMPTN dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN dengan urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan, sedangkan siswa SMK hanya dizinkan memilih program studi relevan sesuai ketentuan PTN.

“Terkait dengan jalur dan kouta, Unri pada tahun 2020 ini menargetkan jumlah mahasiswa sebanyak 6700 calon mahasiswa Strata Satu (S1) dengan ketentuan kuota jalur masuk SNMPTN sebanyak 30 persen, jalur
masuk SBMPTN 40 persen, dan jalur masuk Mandiri 30 persen,” jelas Azhar.

“Selengkapnya untuk informasi daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2020 dapat dilihat pada laman https://ltmpt.ac.id selama periode pendaftaran,” pungkasnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *