Jambi Siapkan Rp 5,8 Miliar Bantu Perkemahan Pramuka Nasional

Anggota Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia mengikuti upacara pelepasan menuju Jambore Dunia ke-23 Jepang yang dipimpin Presiden Joko Widodo, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/7). Sebanyak 462 Kontingen Pramuka Indoneisa akan mengikuti Jambore Dunia ke-23, yang merupakan pertemuan Pramuka tingkat penggalang yang diikuti 105 negara, dalam bentuk perkemahan besar dengan tema "A Spirit of Unity" di Kirarahama, Yamaguchi, Jepang pada 28 Juli - 8 Agustus 2015. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/asf/nz/15.

LAMANRIAU.COM, JAMBI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menyiapkan dana sekitar Rp 5,8 miliar untuk mendukung pelaksanaan perkemahan Wirakarya Pramuka Nasional 2020.

Perkemahan pramuka tersebut akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Abdurrrahman Sayoeti-Musa, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, 24 Oktober – 4 November 2020.

“Pemprov Jambi siap menjadi tuan rumah dan mendukung pendanaan demi suksesnya perkemahan Wirakarya Pramuka Nasional 2020 di Jambi. Kami sudah menyiapkan dana dukungan sekitar Rp 5,8 miliar untuk pelaksanaan perkemahan tersebut,” kata Gubernur Jambi, Fachrori Umar dalam pertemuan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwartir Nasional ( Kwarnas) Gerakan Pramuka Mayjen (Purn) Bachtiar di rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Kamis (23/1/2020).

Menurut Fachrori Umar, perkemahan Wirakarya Pramuka Nasional merupakan pertemuan Pramuka Penegak atau Pandega berbentuk perkemahan besar yang bertujuan mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat.

Perkemahan Wirakarya Pramuka Nasional atau Kemah Bakti Pramuka Nasional tersebut, lanjut Fachrori merupakan salah satu wadah kegiatan mewujudkan semangat kebangsaan serta semangat kepedulian yang menjadi komitmen kuat seluruh pemuda.

“Karena itu sebagai tuan rumah perkemahan nasional tersebut, Pemprov Jambi siap menyukseskan program Kwarnas lima tahunan ini. Namun Jambi tetap membutuhkan pendanaan pusat karena Jambi masih kategori daerah berkembang yang belum mampu mendukung sepenuhnya pembiayaan perkemahan pramuka bertaraf nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Mayjen (Purn) Bachtiar pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya berkunjung ke Jambi untuk melihat langsung persiapan Perkemahan Wirakarya Pramuka Nasional 2020 di Jambi. Karena itu selain bertemu dengan Guernur Jambi, Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka juga meninjau lokasi bumi perkemahan di Sungai Gelam, Muarojambi.

“Perkemahan pramuka ini skopnya nasional. Karena itu persaiapannya harus benar-benar dilakukan secara serius sejak awal. Peninjauan langsung ke lokasi perkemahan pun harus kami lakukan sejak dini. Perkemahan pramuka nasional ini penting untuk melatih pemuda dan pemudi kita terkait pengabdian kepada masyarakat,” katanya. (BSC)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *