Ini Manfaat Tea Tree Oil untuk Kesehatan Tubuh Anda

LAMANRIAU.COM – Saat ini, tren pengobatan alami dengan minyak esensial tengah merebak dan digandrungi oleh banyak orang.

Mereka yang tidak suka menelan obat khususnya, sangat senang akan kehadiran minyak esensial yang digadang-gadang juga bisa membantu meredakan berbagai masalah kesehatan.

Memang, saat ini semenjak berkembangnya kasus resistensi antibiotik, penggunaan obat inipun semakin diperketat. Masyarakat diimbau untuk menggunakan antibiotik dengan bijak, agar tidak mengalami kasus ini.

Sebab, tidak semua penyakit bisa disembuhkan dengan antibiotik, misalnya saja penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus.

Untuk itu, pengobatan alami dengan minyak esensial dapat sangat membantu sebagai pertolongan pertama dari beberapa jenis penyakit. Salah satu minyak esensial yang banyak disukai dan mudah ditemukan adalah tea tree oil.

Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat, tentu minyak esensial satu ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Sebab, tea tree oil dipercaya mampu membantu mengusir jerawat dari kulit wajah.

Inilah yang membuat banyak produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil dipasarkan untuk membantu masalah jerawat.

Selain bisa membantu masalah jerawat, penggunaan tea tree oil juga memiliki banyak manfaat lainnya. Apa saja?

1. Mengurangi jamur kuku

Infeksi jamur kuku adalah suatu kondisi di mana terdapat akumulasi mikroba di bawah lapisan kuku Anda, yang menyebabkan mikroba seperti jamur tumbuh dengan cepat di sana dan menimbulkan banyak masalah seperti peradangan dan infeksi.

Jamur kuku dapat memengaruhi baik kuku jari tangan dan kaki Anda. Tea tree oil yang memiliki sifat antimikroba dapat membantu masalah ini. Mengoleskan beberapa tetes tea tree oil pada kuku dapat membunuh jamur dan mencegah risiko infeksi jamur.

2. Mengobati bisul

Bisul dapat muncul di kulit Anda karena sejumlah alasan seperti luka bakar, infeksi, dan lain-lain. Bisul terjadi ketika sel-sel kulit meradang akibat sejumlah infeksi atau penyakit.

Mengoleskan beberapa tetes tea tree oil pada bisul dapat menenangkan kulit dan mengurangi peradangan atau infeksi yang terjadi pada area kulit tersebut. Ini semua karena tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Mengatasi infeksi jamur vagina

Infeksi jamur vagina terjadi akibat pertumbuhan jamur atau bakteri berlebih di area vagina. Infeksi jamur vagina dapat menyebabkan bau busuk, keluarnya cairan yang tidak normal dari vagina, dan lain-lain.

Membilas vagina dengan tea tree oil yang telah dicampur dengan air sebanyak satu kali dalam sehari, dapat membantu seseorang terbebas dari infeksi jamur vagina. Ini semua berkat kandungan sifat antimikroba dari tea tree oil.

4. Meredakan gingivitis

Gingivitis adalah penyakit mulut di mana gusi Anda meradang dan terinfeksi, akibat akumluasi bakteri di gusi. Kondisi ini dapat menyebabkan pendarahan pada gusi, gusi bengkak, bau mulut, dan lain-lain. Membilas mulut Anda dengan larutan tea tree oil dan air, dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri berlebih di gusi.

5. Meredakan sesak napas

Ketika terjadi infeksi pernapasan, banyak lendir menumpuk di dada dan menyebabkan gejala seperti kesulitan bernapas, batuk, pilek, mengi, dan lain-lain.

Tea tree oil merupakan ekspektoran alami, yang dapat melarutkan akumulasi lendir di dada. Menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam air mendidih dan menghirup uapnya, dapat membantu mengatasi kondisi ini. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *