Membandingkan Tarif Internet Unlimited Operator

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Setiap operator seluler memberlakukan ketentuan berbeda untuk setiap tarif internet yang ditawarkannya. Namun yang pasti, perbedaan harga paket bisa dibilang mempengaruhi kecepatan, kualitas, dan beragam fitur lainnya.

Untuk mengetahui tarif internet yang berlaku dari masing-masing operator saat ini, inilah.com mengulas paket yang menawarkan produk internet tanpa batas alias unlimited dari tiga operator di Indonesia, yaitu Smartfren, Indosat Ooredoo, dan Tri.

Untuk diketahui, paket internet yang tertulis di bawah ini adalah tarif basic, dalam artian bukan tarif promo atau harga spesial.

Berikut adalah ulasan lengkapnya:

– Smartfren

Smartfren, merupakan operator yang kerap memberikan keuntungan kuota Unlimited bagi para pelanggannya.

Lihat saja dari banyaknya pilihan paket unlimited yang ditawarkan, mulai dari tahunan, bulanan, mingguan, hingga harian.

Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp9.000 hingga Rp100.000 tergantung dari masa berlakunya.

Yang menarik, pelanggan paket Unlimited Smartfren diberikan akses menelepon gratis tanpa batas ke sesama pengguna dan menelepon gratis ke nomor pelanggan operator lain untuk beberapa menit.

Paket Unlimited Smartfren juga menghadirkan beragam pilihan yang bisa pelanggan pilih sesuai kebutuhan, mulai dari batas pemakaian wajar 500MB seharga Rp50.000 per bulan, 1GB seharga Rp75.000 per bulan, hingga 1,5GB seharga Rp100.000 per bulannya.

Namun, berapapun batas pemakaian yang dipilih, pelanggan tidak perlu khawatir, karena batas ini akan refresh setiap harinya, jadi pelanggan tak perlu khawatir internet tidak bisa dipakai di tengah bulan.

Smartfren juga tidak membagi-bagi penggunaan paket unlimited-nya untuk aplikasi tertentu. Artinya, semua kuota yang diberikan bisa digunakan baik untuk mengakses aplikasi YouTube, Grab, GoJek, Spotify, JOOX, WhatsApp, Facebook, atau Instagram sekalipun, termasuk mengecek email, browsing web, dan streaming.

– Indosat Ooredoo

Saat kami mencoba layanan Indosat, paket dengan nama Unlimited 3GB itu dibanderol dengan harga Rp62.000 jika dibeli di toko retail dekat rumah. Namun, untuk pembelian melalui e-commerce atau online shop ternama, harganya lebih murah Rp1.000 sampai Rp2.000, belum termasuk ongkir.

Data internet yang bisa digunakan utamanya adalah 3GB, mereka memang menambahkan bonus data sebanyak 15GB namun hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu, beberapa di antaranya WhatsApp, Facebook, Twitter, FB Messenger.

Ada juga aplikasi streaming seperti YouTube, Spotify, dan JOOX.

Sayangnya, semua itu memiliki batas pemakaian wajar sebulan hanya 15GB, tambah disayangkan, jika pengguna melebihi batas pemakaian wajar kecepatan yang diperoleh pengguna akan turun ke 128Kbps.

Sebagai gambaran, Anda akan menghabiskan kuota sebesar 1,2GB-1,4GB untuk menonton satu video berkualitas high definition selama 1 jam, berarti pelanggan hanya bisa menonton video di YouTube sebanyak 10 jam selama sebulan, jika melewati itu maka kuota utama Anda sebesar 3GB akan terpakai.

Berbicara kecepatan, Indosat juga menerapkan syarat untuk bisa menikmati YouTube dengan paket Unlimited Indosat 3GB itu.

Indosat menekan kecepatan akses internet untuk aplikasi ‘gratis’ itu hanya sampai 128Kbps.

Bayangkan, pelanggan menonton video dengan kemampuan putar hanya 128 kilobyte per detik. Padahal kecepatan yang paling pas untuk menonton video di YouTube adalah 1 megabyte per detik atau hampir 10 kali lipat dari 128Kbps.

Namun, meski pelanggan mungkin tetap tertarik dengan paket yang ditawarkan Indosat pelanggan tidak serta merta bisa menikmati paket unlimited yang ditawarkan.

Karena paket unlimited Indosat ternyata hanya bisa dinikmati oleh pelanggan Indosat yang tercatat aktif maksimal pada 31 Oktober 2019, jadi jika Anda adalah pelanggan baru, siap-siap saja untuk gigit jari.

– Tri

Lalu bagaimana dengan operator Tri? Operator ini punya paket Unlimited 6GB dengan harga Rp50.000, namun hanya dapat digunakan mulai pukul 01.00-17.00.

Sebagai gambaran, bagaimana pelanggan bisa menikmati paket ini seandainya mereka sedang bekerja, kuliah, atau sekolah.

Walaupun Tri tak memiliki gimik akses gratis ke aplikasi-aplikasi tertentu, dengan kata lain kuota utamanya benar-benar 6GB per bulan, pengguna tetap saja tidak bisa mengakses aplikasi sembarangan.

Alasannya, penggunaan kuota utama itu dibatasi setiap harinya, hanya sampai 1GB per hari. Jadi kalau Anda sudah mengakses sampai 1GB di hari itu maka kecepatan akses internetnya akan dikurangi atau sedikit melambat.

Ini jelas akan berpengaruh saat pelanggan menonton YouTube atau melakukan video call di WhatsApp, maupun Live Instagram.

Jadi kalau kuota utama benar-benar sudah habis sebelum waktunya, pelanggan harus rela merogoh kocek Rp50.000 lagi untuk membeli kuota yang sama.

Satu hal lagi yang menjadi catatan, kalau pelanggan membeli dan mengativasi nomor Tri di Jakarta, paket unlimited yang dimiliki hanya bisa dipakai di Jakarta.

Artinya, jika pelanggan lagi pergi di luar Jakarta maka mereka dipastikan tidak akan bisa menikmati paket unlimited tersebut.

Jadi kira-kira mana yang paling jujur dan benar-benar memberikan paket umlimited yang sebenarnya? Tentunya kita kembalikan lagi bahwa fitrah unlimited itu tidak membuat Anda khawatir kehabisan kuota di tengah bulan atau fakir kuota saat serunya main game online. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *