Awas, Perlakuan Ini Ganggu Psikologis Anak

Ilustrasi ibu dan anak/NET

LAMANRIAU.COM – Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Tetapi, kadang-kadang tindakan yang menurut Anda baik, ternyata tidak berdampak baik bagi anak, terutama psikologisnya.

Perlakuan atau tindakan yang tidak baik tersebut akan masuk ke dalam alam bawah sadar anak dan tertanam dibenaknya. Hal ini bisa mengembangkan sifat negatif anak kelak.

Anda mungkin tidak menyadari melakukan beberapa tindakan yang berakibat buruk pada psikologis anak. Lebih lengkap pelajari hal berikut agar Anda tidak merugikan masa depan anak.

Mengkritik

Hindari mengkritik atau menghakimi hal-hal yang dilakukan anak. Apalagi bila Anda tidak menyukainya. Bila ingin mengkritik, sebaiknya pilih kata-kata yang bijak dan membangun, bukan menjatuhkan. Karena anak bisa lekas menyerah jika ia merasa dikritik terus-terusan oleh orangtuanya.

Menyuap

Sebisa mungkin hindari membujuk anak dengan cara menyuap, misalnya dengan memberikan hadiah mainan. Menjanjikan sesuatu atau memberikan insentif agar anak dapat meraih sesuatu secara tidak langsung menandakan bahwa pembelajaran tersebut sebenarnya tidak memiliki manfaat. Jika memang Anda ingin memberikan sebuah hadiah pada anak, berikan ketika anak sudah mencapai sesuatu, hindari sebelum anak mendapatkan sebuah pencapaian.

Membandingkan anak

Hindari membandingkan anak Anda dengan anak lainnya. Ingatlah, bahwa setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Jadi apa yang anak bisa lakukan belum tentu bisa dilakukan oleh anak lain, begitupun sebaliknya. Bantulah anak untuk membandingkan dirinya dengan pencapaian masa lalunya.

Tidak memberikan pilihan

Ketika Anda tidak pernah memberikan pilihan pada anak, maka akan membuat anak tidak memiliki sebuah inisiatif. Biasakan selalu memberikan pilihan pada anak dalam setiap kesempatan. Misalnya saat Anda dan keluarga makan bersama, berikan kesempatan pada anak untuk memilih sendiri makanan yang disukainya. Dengan begitu akan membuat anak belajar memiliki sebuah tekad untuk mendapatkan sesuatu.

[1health.id]

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *