Lakukan Ini Saat Makan Agar Berat Badan Ideal

Ilustrasi/NET

LAMANRIAU.COM – Sudah melakukan banyak cara namun berat badan Anda tidak kunjung turun? Padahal berat badan yang ideal, merupakan salah satu cara untuk mencegah datangnya berbagai penyakit. Jangan putus asa, bila Anda masih bertekad untuk mendapatkan berat badan yang ideal, beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan di setiap jam makan.

1. Minum

Sebelum makan, minumlah setengah gelas air putih agar Anda merasa lebih cepat kenyang. Dengan begitu, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit makanan.

2. Jangan lewatkan sayuran

Pastikan selalu ada sayuran di piring Anda, bahkan saat sarapan. Sayur mengandung banyak serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang tanpa harus menambah lebih banyak kalori. Serat juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda sehingga pencernaan Anda menjadi lebih lancar.

3. Perhatikan protein dan serat

Protein dan serat merupakan pasangan yang harus selalu ada dalam setiap makanan yang Anda konsumsi. Protein dapat membuat Anda cepat kenyang dan dapat berfungsi sebagai sumber energi. Sedangkan serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Batasi kalori

Pastikan setiap kali makan, Anda hanya mengonsumsi 300 hingga 550 kalori. Jangan sampai asupan makanan Anda dalam sehari melebihi 1.200 kalori, yang membuat diet Anda tidak akan pernah berhasil. Untuk mengetahui lebih pasti jumlah kalori yang Anda butuhkan dengan aktivitas yang Anda lakukan setiap hari, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahli gizi.

5. Tertib

Saat sedang makan, berusahalah makan dengan tertib. Makan sambil menonton televisi atau bermain gadget, akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga Anda akan menghabiskan lebih banyak makanan. Jadi sebaiknya, fokus dan nikmatilah makanan yang sedang Anda konsumsi.

6. Jangan memaksa untuk habiskan

Seenak apapun makanan yang Anda konsumsi, Anda tetap harus memerhatikan porsinya. Bila Anda sudah merasa kenyang, namun masih ada makanan yang tersisa, simpanlah makanan tersebut untuk jam makan selanjutnya.

7. Gunakan piring kecil

Menggunakan piring dengan ukuran yang lebih kecil akan membantu Anda untuk membatasi jumlah makanan yang akan Anda konsumsi.

[1health.id]

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *