Gilas Southampton, Liverpool Kokoh di Puncak Klasemen

Gelandang Liverpool Alex Oxlade Chamberlain (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Southampton di Anfield, Sabtu, 1 Februari 2020/AFP

LAMANRIAU.COM, LIVERPOOL – Liverpool kian kokoh di puncak klasemen sementara Premier League usai mengalahkan tamunya Southampton 4-0 di Anfield, Sabtu (1/2/2020). Tambahan tiga poin membuat Liverpool kini mengemas 73 poin dari 25 pertandingan, unggul 22 poin dari Manchester City di peringkat kedua.

Dua dari empat gol Liverpool dicetak Mohamed Salah, sisanya masing-masing dicetak Alex Oxlade Chamaberlain, dan Jordan Hendersson.

Kemenangan diraih dengan tidak mudah oleh Liverpool. Mereka sempat ditahan imbang tanpa gol di babak pertama lewat pertandingan sengit.

Kedua tim bergantian menyerang dan memiliki sejumlah peluang gol. Ancaman pertama datang dari striker Southampton, Shane Long lewat) sundulan dari bagian tengah kotak 16 meleset ke kiri di menit 16.

Empat menit berselang percobaan sepakan Mohamed Salah di bagian tengah kotak 16 masih bisa diblok. Begitu juga dengan tendangan Jordan Hendersson yang masih bisa diblok pertahanan Southampton.

Tiga peluang emas didapat Alex Oxlade-Chamberlain, Virgil van Dijk dan Roberto Firmino di menit 30 dan 31 yang masih bisa diselamatkan kiper lawan.

Meski mendapat tekanan, Southampton mampu merepotkan pertahanan Liverpool ketika mendapat bola. Bahkan Shane Long nyaris menjebol gawang tuan rumah jika saja sepakannya gagal diselamatkan Allison di menit 40.

Sampai peluit panjang babak pertama berbunyi skor masih tetap 0-0.

Baru dua menit babak kedua dimulai, Liverpool berhasil memecahkan kebuntuan melalui gol apik Chamberlain. Unggul 1-0 membuat Liverpool kian percaya diri. Sebaliknya Southampton menunjukkan penurunan permainan.

Liverpool nyaris menggandakan keunggulan di menit 54 ketik gol yang dicetak Firmino dianulir VAR karena sudah berada pada posisi offside. Menit 60 Liverpool menggandakan keunggulan lewat gol yang dicetak Hendersson. Tendangan kanan dari luar kotak 16 bersarang mulu ke sisi kanan gawang lawan. Skor 2-0 untuk Liverpool.

Southampton berusaha merespons dengan menekan pertahanan Liverpool, tetapi masih belum membuahkan hasil. Malahan Liverpool memperbesar keunggulan menjadi 3-0 melalui gol Salah. Sepakan kaki kiri pemain asal Mesir itu bersarang ke sisi kanan bawah gawang Southampton.

Salah menutup pertandingan dengan gol kedua yang dicetaknya. Menerima umpan silang Firmino, Salah dengan mudah menceploskan bola ke gawang Southampton. Skor 4-0 bertahan sampai laga berakhir.

Susunan Pemain
Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson, Fabinho, Henderson, Wijnaldum, Oxlade-Chamberlain, Salah, Firmino. Cadangan: Adrian, Lovren, Keita, Minamino, Lallana, Origi, Matip.

Southampton: McCarthy, Ward-Prowse, Stephens, Bednarek, Bertrand, Hojbjerg, Romeu, Djenepo, Redmond, Ings, Long. Cadangan; Gunn, Danso, Vestergaard, Smallbone, Boufal, Obafemi, Adams. (bsc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *