Gus Sholah Akan Dimakamkan di Sebelah Gus Dur

LAMANRIAU.COM, TEBUIRENG – KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah akan dimakamkan di dekat makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Sesuai rencana, Gus Sholah dikebumikan di komplek pemakaman pesantren Tebuireng. Makam Gus Sholah disiapkan di sebelah barat makamnya Gus Dur. Berdekatan juga dengan KH Wahid Hasyim,” kata pengurus pesantren Tebuireng Teuku Azwani, Minggu (2/2/2020) malam.

Makam keluarga itu berada di komplek pesantren. Selain Gus Dur, para kerabat pesantren Tebuireng juga dimakamkan di komplek pemakaman tersebut. Di antaranya Hadratusy Syaikh Hasyim Asyari, KH Wahid Hasyim, serta KH Yusuf Hasyim atau Pak Ud.

Pemakaman dijadwalkan akan dilakukan pada Senin (3/2/2020) sekitar pukul 15.00 WIB.

Gus Sholah mengembuskan nafas terakhir di rumah sakit Harapan Kita, Jakarta, Minggu (2/2/2020) sekitar pukul 21.00 WIB. Cucu pendiri NU itu menjalani operasi jantung.

Gus Sholah merupakan pengasuh pesantren Tebuireng yang ke tujuh (2006-2020), sejak generasi sang kakek, KH Hasyim Asyari (1899-1947). Gus Sholah lahir di Jombang 11 september 1942. Dia merupakan putra ketiga dari enam bersaudara dari pasangan KH Wahid Hasyim dan Nyai Hj. Sholihah.

Gus Sholah menempuh pendidikan umum mulai dari SD Perwari Salemba, SMP Negeri 1 Cikini, kemudian SMA Negeri 1 Budi Utomo hingga menamatkan kulaihnya di jurusan Arsitek ITB (Institut Teknologi Bandung). (bjt)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *