Kampus  

Olimpiade Matematika, Ini Pesan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau Dr H Syaifuddin memasangkan tanda peserta olimpiade Matematika ke 12, Senin (3/2/2020).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kemampuan mengusai Matematika akan memudahkan seseorang untuk bisa atau mampu juga menguasai bidang-bidang lainnya, karena itu Matematika sesungguhnya mata pelajaran yang tidak perlu ditakuti.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, Dr H M Syaifuddin SAg, MAg, saat membuka kegiatan Olimpiade Matematika 12 tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/ MA dan SMK sederajat, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Senin (3/2/2020), di ruang PKM UIN Suska Riau.

“Saya sangat sepakat dengan tagline yang dibuat panitia yakni kekuatan Matematika dalam mengubah dunia, karena memang jika kita menguasai Ilmu Matematika, maka akan mudah bagi kita untuk mengusai ilmu-ilmu lainnya,” kata Syaifuddin yang mengaku saat sekolah dulu selalu meraih nilai 9 nilai Matematika.

Namun, lanjut Syaifuddin, seiring dengan berkembangnya zaman, ilmu matematika ini bagi peserta didik bisa lebih mudah, terutama dalam hal berhitung, ditemukannya kalkulator membuat anak-anak zaman sekarang dimudahkan dalam menghitung, baik itu perkalian, penjumlahan, pembagian dan sebagainya.

“Beda dengan zaman kami sekolah dulu, yang harus mampu menghapal perkalian, dari 1 sampai perkalian 100. Dan ini juga mungkin yang membuat kami tidak ‘manja’ ketika berhitung, beda dengan anak-anak sekarang, yang ketika tidak dapat, akan menggunakan kalkulator,” sindirnya.

Karena itu Dia berpesan agar peserta olimpiade agar bisa sungguh-sungguh dalam menyenangi ilmu Matematika ini.

“Khusus untuk peserta lomba jangan pernah menyerah kalau belum menjadi juara, teruslah belajar, belajar dan belajar agar prestasi yang membanggakan bisa dicapai,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Riau Ahyu Suhendra mewakili Gubernur Riau menyampaikan bahwa berbagai olimpiade yang dilaksanakan Perguruan Tinggi, akan membantu pemerintah dalam melaksanakan program kerja, khususnya pada kegiatan olimpiade.

“Kegiatan ini sangat positif dan sangat membantu pemerintah, dan mudah-mudahan kegiatan ini mampu melahirkan duta-duta Riau untuk olimpiade matematika tingkat nasional dan bahkan internasional,” ungkapnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *