Kapolda Riau Apresiasi Kegiatan Pelatihan Karhutla

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan bahwa relawan-relawan untuk memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sangat membantu memadamkan api di lapangan.

Hal itu dikatakannya saat memberikan sambutan pada kegiatan sinergi penanganan kebakaran hutan dan lahan beserta penanggulangan kebakaran gedung di lingkungan Universitas Lancang Kuning, Selasa (25/2/2020).

“Hari ini rekan-rekan dari Universitas Lancang Kuning (Unilak) menjadi bagian dari relawan untuk memulai dari pelatihan. Tentu pelatihan menjadi hal yang diwajibkan untuk dilakukan bagi semua relawan untuk diberangkatkan dalam pemadaman api di lapangan,” katanya.

Melalui proses pelatihan ini, Agung berharap relawan-relawan dari lingkungan Unilak bisa mencermati hal-hal penting yang salah satunya bagaimana bisa menjaga keselamatan dari proses pemadaman.

“Selalu memakai masker saat melakukan pemadaman, demikian juga bekal air harus selalu siap, karena di lokasi pemadaman biasanya jauh dari air. Kita juga harus terampil untuk menggunakan peralatan-peralatan kita. Ini semua kita harus tahu caranya,” jelasnya.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan ini dan tentu masyarakat Riau tentu berharap bencana asap dan bencana Karhutla tidak menimpa Riau di tahun 2020. rekan-rekan lah para pahlawannya. Selamat bertugas dan berlatih, kita akan bertemu di lapangan,” tukasnya.

Dalam acara yang sama, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan oleh pihak Unilak dengan memperlihatkan tingkat kepedulian terhadap kondisi Karhutla di Provinsi Riau.

“Dan ini juga kita lihat bahwa, evaluasi yang kita sudah lakukan dari 2019 kemarin pihak Polda Riau juga sangat luar biasa, ditandai dengan adanya sekarang Dashboard Lancang Kuning,” tuturnya.

Selain itu, beberapa waktu yang lalu juga Kapolri dan Panglima TNI mengapresiasi Provinsi Riau dalam menangani Karhutla. “Bahkan Kapolri  memerintahkan Polda di daerah yang lain agar mencontoh apa yang sudah dilakukan Polda Riau dalam menangani Karhutla,” imbuhnya.

“Dengan dilakukan pelatihan yang dilakukan oleh Unilak, ini merupakan sesuatu yang memperlihatkan bahwa tingkat kepeduliannya sangat tinggi,” tukasnya. (PB)

 

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *