Sosial  

BAZNAS Riau Target Kumpulkan Zakat Rp20 Miliar

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau tahun 2020 menargetkan akan pengumpulan zakat Rp20 miliar. Hal tersebut diungkapkan Ketua BAZNAS Provinsi Riau Azwar Aziz, Rabu (26/2).

Azwar Aziz mengatakan, dalam mengumpulkan target sebanyak Rp20 miliar tentu harus ada dukungan dan bantuan semua pihak, agar target BAZNAS dapat mengumpulkan zakat.

Dimana, BAZNAS adalah sebuah lembaga non struktural yang membuka kesempatan umat Islam untuk menghimpun dana (zakat) sesuai dengan rukun Islam untuk menuntaskan kemiskinan di Riau ini.

“Alhamdulilah Baznas sudah berjalan. Untuk Provinsi Riau dari tahun ke tahun angka jumlah penghimpunan zakat semakin tinggi. Ini menunjukkan bahwa kesdaran orang menyalurkan zakat ke BAZNAS ini semakin baik. Tahun 2019 lalu kita berhasil menghimpun dana zakat Rp12,6 miliar dan untuk tahun 2020 kita targetkan Rp20 miliar,” ujar Azwar Aziz.

Peningkatan dalam membayarkan zakat ke BAZNAS kebanyakan dari ASN Pemprov Riau. Karena Gubernur Riau, Syamsuar sangat peduli. Tetapi potensi tersebut belum penuh. Dan diharapkan kepada Gubernur tahun depan ini ASN tidak hanya gaji pokoknya yang dibayarkan zakatnya. Tetapi juga single salary ASN juga dibayarkan zakatnya. Kalau itu bisa dihimpun mungkin bisa mencapai target Rp20 miliar.

“Di luar ASN juga kita perlu lakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan dan perorangan,” kata Azwar.

“Insya Allah untuk target Rp20 miliar ditahun 2020 bisa tercapai. Banyak yang kita kejar seperti beberapa isntansi-instamsi pemerintah lainnya, perusahaan dan perorangan agar pegawainya bisa berzakat. Kalau itu bisa dilakukan dan ditambah dengan perusahaan-perusahan maka terget Rp20 miliar bisa tercapai,” terangnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *