KPK Terima Penghargaan Pengawasan Kearsipan 2019

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – KPK menerima Anugerah Penghargaan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019, dengan kategori “memuaskan”.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo kepada Sekretaris Jenderal KPK, Cahya H. Harefa.

Terdapat 103 instansi pemerintah yg menerima penghargaan kearsipan nasional dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan yang diselenggarakan pada tanggal 25-28 Februari 2020.

Penghargaan ini merupakan nilai hasil pengawasan kearsipan pada instansi pemerintah baik kementerian/lembaga negara pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota tahun 2019, sebagai salah satu upaya untuk mengukur penerapan standar kearsipan.

Sekretaris Jenderal KPK Cahya H. Harefa mengatakan tata kelola arsip kelembagaan  menunjukkan akuntabilitas kinerja lembaga.

Ia mengatakan, akan terus meningkatkan tata cara pengelolaan kearsipan mengingat banyak tugas kelembagaan KPK yang sangat tergantung pada pengelolaan kearsipan.

“Dari satu sisi bidang penindakan saja, KPK harus sudah aman melakukan pengelolaan arsipnya. Belum tugas-tugas yang lain,” tambahnya.

Menurut dia, tanpa pengelolaan arsip dan data yang baik mustahil bisa mewujudkan akuntabilitas kinerja lembaga yang memuaskan.

Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) M. Taufik mengatakan, semua lembaga publik di negara ini memiliki tantangan besar dan ANRI akan mengawal untuk mendorong konsep baru agar lembaga-lembaga ini bisa mengolah arsip menjadi informasi untuk memenuhi kebutuhan berbagai pemangku kepentingan.

(Humas KPK)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *