Bank Indonesia Dorong UMKM Riau Tembus Pasar Luar Negeri

LAMANRIAU.COM. PEKANBARU – Bank Indonesia Perwakilan Riau menggelar kegiatan Festival UMKM Riau bertajuk Go Digital Go Global di Living World Pekanbaru. Acara yang digelar selama 2 hari yakni 29 Februari hingga 1 Maret ini secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Sabtu (28/2/2020) malam.

Kepala BI Perwakilan Riau Decymus mengatakan kegiatan Festival UMKM Riau 2020 ini adalah upaya Bank Indonesia untuk berkontribusi mendorong UMKM yang ada di Riau.

“Sebagaimana diketahui, pimpinan di Riau yakni gubernur dan wakil gubernur Riau menginginkan ekonomi di Riau naik. Dan cara untuk menaikkan ekonomi ada dua cara,” ujar Decymus.

Disampaikan Decymus, cara yang pertama adalah menggerakkan sektor yang ada. Bukan hanya jual ekspor mentah, namun ekspor yang sudah hilirasi. Artinya adalah mengekspor barang-barang yang sudah jadi.

“Yang kedua adalah seperti yang kita lakukan saat ini yaitu mengembangkan sumber-sumber pertumbuhan baru. Salah satunya adalah sektor UMKM,” kata Decymus.

Lanjut Decymus, UMKM di Riau pasarnya jangan hanya di sekitar kecamatan atau Pekanbaru saja, tapi harus ke seluruh Riau bahkan seluruh Indonesia atau sampai ke luar negeri. Untuk itu UMKM yang ada didorong untuk menguasai online atau digital.

“Harapannya supaya pembeli mereka bukan hanya di Pekanbaru tapi di seluruh Indonesia. Dengan begitu dapat berkontribusi dengan baik untuk kedepannya,” jelasnya.

Dari sekian banyak UMKM, tambah Decymus, baru sedikit yang terhubung dengan digital. Kalau offline hanya seputar Pekanbaru, sehingga sangat terbatas perkembangannya.

“Kita fasilitasi supaya UMKM bisa jual luas, kami bersama pemerintah daerah sekarang menggalakkan go digital. Kalau selama ini kepada konsumen sekarang kita harus bisa menjadi produsen supaya kita bisa maju bersama,” terangnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *