Inilah Penyakit Akibat Sering Tidur Larut Malam

Ilustrasi/NET

JANGAN remehkan kebiasaan tidur larut malam yang setiap hari Anda lakukan, karena dampak yang diakibatkannya terbilang sangat menakutkan.

Tugas kuliah, pekerjaan, atau bahkan serial drama televisi dan game online yang Anda gemari merupakan faktor penyebab Anda ingin tetap terjaga sampai larut malam atau bahkan dini hari.

Akan tetapi, jangan lupakan dampak yang mengintai kesehatan Anda akibat hal tersebut.

Berikut lima penyakit yang kerap muncul akibat sering tidur larut malam, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Melemahkan kemampuan daya ingat

Pada tahun 2009, peneliti dari AS dan Prancis membuktikan bahwa dengan waktu tidur yang cukup, otak menstimulasi reaksi yang dinamakan sharp wave ripple yang berperan dalam proses penguatan memori.

Reaksi tersebut mengirim informasi atau data yang disimpan bagian otak hippokampus ke neokorteks, di mana ingatan jangka panjang disimpan.

Dengan demikian, semakin berkurang waktu tidur Anda, semakin berkurang pula ingatan yang akan disimpan otak Anda.

2. Bertambahnya berat badan

Pertambahan berat badan berbanding lurus dengan kurangnya waktu tidur.

Metabolisme lemak akan terganggu ketika tubuh tidak mendapatkan waktu tidur minimal 6 jam per malam.

3. Diabetes

Tidur larut malam merusak hormon dalam tubuh. Dengan rusaknya hormon dalam tubuh maka insulin yang dihasilkan pun berkurang.

Dengan berkurangnya insulin tersebut, tubuh kita akan rentan terhadap glukosa, yang merupakan faktor penyebab timbulnya penyakit diabetes.

4. Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Dengan terjaga sampai larut malam, tubuh akan menghancurkan sel-sel darah putih atau leukosit yang berguna sebagai sistem kekebalan tubuh.

Dengan berkurangnya leukosit dalam darah, tubuh pun akan rentan terhadap gejala penyakit dan infeksi.

5. Penyakit jantung dan stroke dini

Gangguan tidur yang sudah sangat kronis (kurang tidur secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama) merupakan faktor penyebab terjadinya gangguan fungsi jantung (gagal jantung), tekanan darah tinggi, dan juga stroke.

Maka, sudah seharusnya Anda membuang kebiasaan buruk untuk tidur larut malam dan memberikan tubuh Anda minimal 7-8 jam untuk beristirahat demi menghindari penyakit-penyakit berbahaya tersebut. (ILC)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *