Mobil Listrik dengan Daya Jelajah Terjauh Saat Ini

LAMANRIAU.COM, GUANGZHOU – Sedan sport Xpeng P7 menjadi mobil listrik dengan daya jelajah terjauh saat ini. Dalam sekali pengisian baterai penuh, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 706 kilometer.

Mobil listrik dengan daya jelajah terjauh sebelumnya adalah Testa Model 3 versi long-range yang mampu mencapai jarak 668 kilometer dalam satu kali pengisian baterai penuh.

Xpeng P7 merupakan besutan Xpeng Motors, startup asal China yang bermarkas di Kota Guangzhou. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di ajang Guangzhou International Automobile Exhibition 2019 pada November tahun lalu.

Menurut Xpeng Motors, hingga awal Maret 2020, Xpeng P7 sudah dipesan sebanyak 15.431 unit. Jika tidak ada halangan, sedan sport bertenaga listrik ini akan mulai dikirimkan kepada para pemesannya pada kuartal kedua 2020.

Di China, Xpeng P7 ditawarkan dengan banderol harga 270.000 hingga 370.000 yuan, atau sekitar Rp553 juta hingga Rp758 juta, tergantung pada konfigurasi fiturnya.

Untuk spesifikasinya, mobil ini dilengkapi arsitektur Smart Electric Platform dengan NVIDIA DRIVE Xavier, sebuah chip kendaraan otonom paling canggih milik NVIDIA. Kemudian dari segi prosesor kendaraan menggunakan produk dari Qualcomm.

Tak hanya itu, Xpeng P7 juga sudah disematkan sistem bantuan pengemudi XPILOT 3.0, yang dapat ditingkatkan ke XPILOT 4.0.

Mobil ini pun telah didukung dengan 12 sensor ultrasonik, 13 kamera penggerak otonom, lima radar Bosch generasi ke-5, serta sebuah kamera dalam mobil yang diposisikan presisi tinggi dan menghasilkan peta beresolusi HD.

Masuk ke dalam kabin, Xpeng P7 memiliki kokpit pintar yang dilengkapi dengan panel instrumen lebar nan ringan, audiovisual ambien kualitas tinggi, lapisan detail yang mewah, serta sistem suara kualitas gedung konser.

Kokpit interaktif audiovisual pintar Xpeng P7 berisi 47 perangkat penginderaan dan 50 perangkat interaksi manusia dengan mobil, serta sudah didukung lebih dari 30 teraflop daya komputasi.

Sementara sistem suaranya dilengkapi dengan Dynaudio Confidence tingkat atas 18-speaker dengan pencahayaan ambient untuk menciptakan suasana immersive gedung konser yang sepenuhnya responsif terhadap preferensi pengguna.

Dalam hal pengembangan rangka, Xpeng Motors menggandeng Porsche Engineering. Rangka tersebut disetel oleh tim profesional gabungan dari China dan Jerman.

Dari sektor keselamatan, sedan sport ini telah meraih peringkat keselamatan bintang 5 dari NCAP China, dengan fitur kontrol peredam kontinu (CDC) dan sistem pengereman Brembo.

Xpeng P7 merupakan mobil listrik produksi pertama yang membawa Program Mini Alibaba di mobilnya. Selain itu juga dilengkapi dengan kunci virtual Bluetooth atau biasa disebut kunci digital NFC. Kunci tersebut akan tertanam dalam perangkat elektronik seperti smartphonesmartwatch, dan smartband keluaran Xiaomi.

Produk dari Xiaomi tersebut dipilih karena Xpeng Motors baru-baru ini memperkenalkan Xiaomi Corporation sebagai investor strategis barunya. Kemudian Xpeng juga berhasil mengumpulkan US$400 juta dalam penggalangan dana Seri C.

Unit Xpeng P7 akan didistribusikan melalui jaringan ritel Xpeng Motors yang bakal mencapai 100 toko penjualan hingga akhir tahun ini.

Terkait infrastruktur pengisian daya baterai, Xpeng Motors sudah menyiapkan lebih dari 200 stasiun pengisian daya yang tersebar di 30 kota di China, dan rencananya akan terus ditingkatkan hingga 1.000 stasiun pengisian dalam tiga tahun ke depan.

Selain itu, ada lebih dari 100.000 stasiun pengisian daya listrik pihak ketiga yang terhubung ke jaringan pengisian daya nasional Xpeng Motors. (ILC)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *