BI Riau Gencar Kenalkan QRIS ke Pengunjung Mal

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau melakukan sosialisasi Quick Response Indonesian Standard (QRIS) di pusat perbelanjaan, Mal SKA Pekanbaru.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah (SP-PUR), Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, Asral Mashuri menjelaskan, bahwa QRIS atau standar kode respons cepat ini merupakan jawaban atas tantangan digitalisasi yang membutuhkan akses transaksi yang serba cepat dalam menggunakan uang elektronik atau nontunai.

Selama ini, kata Asral, pembayaran menggunakan uang elektronik hanya bisa dilakukan dalam satu jalur. Sehingga masyarakat harus memiliki banyak aplikasi untuk dapat melakukan pembayaran menggunakan uang elektronik. Dengan adanya QRIS ini memudahkan masyarakat. Sehingga tidak perlu memiliki terlalu banyak dompet digital.

“Dulu kalau Ovo hanya bisa bayar ke merchant Ovo. Dengan QRIS ini semuanya masuk, Gopay bisa bayar ke merchant Ovo dan sebagainya. Apapun aplikasinya barcode-nya cuma satu yaitu QRIS,” ujar Asral.

Sebagai percontohannya, BI pun mengajak pengunjung mal untuk mencoba kemudahan bertransaksi menggunakan QRIS dengan membeli kopi seharga Rp1 di stand kopi di lokasi acara.

Yang nantinya, para pengunjung yang membeli kopi ini tinggal meng-scan QRIS melalui dompet elektronik yang mereka gunakan, baik itu OVO, GoPay, Dana dan semacamnya untuk membayar.

“QRIS ini satu untuk semua. Mau pakai OVO, GoPay atau dompet elektronik apa aja, bisa dengan QRIS,” ujarnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *