Sosial  

Pengamat Apresiasi Pencegahan Dini Corona yang Dilakukan Syamsuar

Aidil Haris

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pengamat Kebijakan Publik Universitas Muhammadiyah Riau, Dr Aidil Haris mengapresiasi pencegahan dini penyebaran virus corona (Covid-19) yang dilakukan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

“Saya kira pak Syamsuar cukup sigap melakukan pencegahan dini mengatasi penyebaran Covid-19. Ini perlu kita apresiasi,” kata Aidil Haris, Sabtu (21/3/2020).

“Bolehlah kita bandingkan dengan DKI Jakarta. Karena baru satu pasien yang positif langkah pencegahan dini sudah dioptimalkan oleh pak Syamsuar,” ujarnya.

Karena itu, Aidil berharap kepada Gubernur selaku kepala daerah harus intens melakukan koordinasi persoalan ini dengan bupati/walikota dan stokeholder terkait lainya termasuk dengan pemerintah pusat supaya pencegahan dini berhasil dilakukan dan virus tidak menyebar kemana-mana.

“Karena penyebaran virus corona ini tidak bisa dianggap sepele. Karena kalau kita lihat realitanya, di negara lain karena tidak siap siaga pemerintahnya dan tidak pedulinya masyarakat, maka virus ini semakin cepat penyebarannya. Dan antisipasi dini tidak dilakukan sehingga beresiko,” paparnya.

“Di Riau kemarin pak Gubernur sudah menyampaikan beberapa antisipasi dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19. Bahkan penerbangan luar negeri khususnya dari Malaysia dan Singapura sudah distop. Ini perlu kita apresiasi,” ungkapnya.

Meski begitu, Aidil menyarankan Pemerintah  Provinsi Riau harus setiap hari memberi penyadaran kepada masyarakat untuk antisipasi agar virus corona ini tidak meluas.

“Memang upaya meliburkan anak sekolah memang kebijkan staregis. Namun pemerintah antisipasi terhadap masyarakat jemaah tablig yang baru pulang dari Malaysia,” cetusnya.

“Dan mereka jemaah tabliq yang jumlah cukup banyak yang baru pulang dari Malaysia juga harus jujur memeriksakan diri. Karena salah satu teman mereka sudah ada yang positif,” tukasnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *