Riau  

Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik di Riau Selama Pademi Virus Corona

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau tidak akan menaikkan tarif dasar listrik bagi masyarakat selama pademi virus Corona (Covid-19).

Manajer Komunikasi PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri Tajuddin Nur mengatakan, komitmen perusahaan listrik negara ini sebagai dukungan dari kebijakan pemerintah didalam mengantisipasi dampak penyebaran Corona Virus Deases 2019.

“PT PLN (Persero) menilai tidak ada kenaikan tarif dasar listrik. Bahkan, kebijakan pemerintah Pusat telah memberikan kemudahan masyarakat dengan menggratiskan tagihan listrik bagi pengguna daya 450 VA bersubsidi dan diskon 50 persen untuk pengguna daya 900 VA bersubsidi,” katanya di Pekanbaru, Jumat (10/4/2020).

Tajuddin menyebutkan, pelayanan elektrifikasi tetap dilaksanakan seperti biasa. Jika terjadi lonjakan tagihan listrik bisa disebabkan oleh tingginya konsumsi listrik masyarakat, terlebih ketika masyarakat lebih banyak berada di rumah dengan kebijakan social distancing.

“Pelayanan listrik tetap dioptimalkan. Memang dari hasil evaluasi kami, yang bayarannya naik disebabkan faktor kenaikan pemakaian atau konsumsi listrik. Karena kan terlebih aktivitas di rumah akhir-akhir ini sangat tinggi karena stay at home,” tuturnya.

Untuk menjaga tagihan listrik tidak melonjak signifikan, masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dengan pasokan listrik. Misalnya masyarakat pengguna listrik nonsubsidi disarankan agar mengatur pemakaian dengan baik sesuai keperluan.

Dengan manajemen penggunaan pasokan listrik lebih efisien. Dimana untuk yang dapat kebijakan gratis dan diskon tentu sudah jelas bagi tarif subsidi.

“Bagi nonsubsidi, untuk menurunkan tentu perlu mengatur pemakaian di rumah dan mengupayakan seefektif mungkin sehingga tidak ada pemborosan dan tetap efisien dalam penggunaan listrik,” pungkasnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *