Sosial  

Biar Tak Tumpang Tindih, Pemprov Riau Verifikasi Calon Penerima Bantuan Rp300 Ribu per KK

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Sosial (Dinas) Provinsi Riau tengah melakukan verifikasi terhadap calon penerima bantuan masyarakat terdampak virus corona (Covid-19) sebesar Rp300 ribu per Kepala Keluarga (KK).

Kepala Dinsos Provinsi Riau, Dahrius Husin mengatakan, pihaknya telah menerima data usulan calon penerima bantuan itu dari kabupaten/kota.

“Kami saat ini masih lakukan verifikasi data usulan dari kabupaten/kota. Beberapa banyak usulan yang masuk, itu yang kami verifikasi,” kata Dahrius Husin, Senin (27/4/2020) di Pekanbaru.

Lebih lanjut dia menyampaikan, verifikasi itu salah satunya untuk memastikan rekening penerima masih aktif, yang selama ini sudah masuk dalam bantuan sosial pangan. Sebab, bantuan dari Pemprov Riau juga akan disalurkan melalui rekening.

“Jadi tim sedang melakukan verifikasi itu. Kita berharap dalam waktu dekat ini sudah selesai semua, sehingga bantuan bisa didistribusikan kepada masyarakat terdampak corona,” harapnya.

Dahrius menjelaskan, sebelumnya Pemprov Riau akan memberi memberikan bantuan tunai kepada masyarakat terdampak Covid-19. Namun ternyata, saat ini masyarakat yang akan diberikan bantuan tunai dari provinsi juga sudah mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial.

“Makanya bantuan tersebut kita dialihkan untuk masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Kalau kita berikan kepada masyarakat yang sudah dapat itu, nanti jadinya tumpang tindih,” paparnya.

Untuk itu, sebut Dahrius, bantuan dari Pemprov Riau akan dialihkan dalam bentuk bantuan top up. Dimana Pemprov Riau akan menambah bantuan kepada masyarakat yang dinilai tidak cukup, seperti masyarakat yang selama ini hanya mendapatkan bantuan sosial pangan sebesar Rp200 ribu dari pusat.

“Bantuan sosial pangan ini diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu, pekerja kecil, buruh dan lainnya. Kalau biasanya, mereka masih bekerja dan bantuan Rp200 ribu itu untuk menyokong saja. Tapi karena saat ini banyak yang tidak bekerja karena Covid-19, maka bantuan itu ditambah bantuan Pemprov Riau melalui program top up tadi,” terangnya.

“Kalau ada tambahan Rp300 ribu dari Pemprov Riau, maka masyarakat tersebut total akan mendapatkan dana Rp500 ribu. Untuk penerima bantuan ini, kita masih melakukan verifikasi data yang dikirim kabupaten/kota,” tukasnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *