Riau  

Deputi Kemenko PMK Sebut Ada Beberapa Surat Keterangan Alternatif Pemulangan dari Luar Negeri

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Deputi Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia (RI), Gafur Dharma Putra menyampaikan ada beberapa surat keterangan alternatif yang bisa digunakan untuk pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri.

Gafur menyebutkan, Surat keterangan alternatif itu diantaranya seperti surat keterangan dari Perwakilan, Kartu Kuning atau kartu Health Alert Card (HAC), atau jika memiliki pemeriksaan tambahan dari negara asal sebelum kembali ke Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Sekretatris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya beserta jajaran terkait lainnya, yang telah berlangsung di Kantor Bappeda Provinsi Riau, Selasa (28/04/20).

“Untuk sementara surat alternatif untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Anak Buah Kapal (ABK) bisa menggunakan itu,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah 1 Bandara Soekarno-Hatta, Herson mengatakan pentingnya bagi PMI yang pulang secara mandiri bisa mendapatkan surat keterangan dari Kepolisian Resor (Polres).

“Apabila mereka akan jalan kedaerahan masing-masing walaupun mereka saat dijalan dicegat pada setiap razia pasti mereka akan menunjukkan surat keterangan dari kepolisian sehingga kalau sudah memiliki surat dari polres lebih lancar,” ujar Herson.

Selain itu, Herson menambahkan bahwa di bandara, ada pos polres sehingga dapat memudahkan PMI atau WNI yang telah sampai bandara untuk membuat surat keterangan dari kepolisian. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *