Riau  

Pemprov Riau Kembali Ingatkan Masyarakat Dukung Sensus Penduduk 2020

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dalam rangka pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di tengah pandemi Covid-19, Gubernur Riau Syamsuar menyebutkan pelaksanaan pencacahan Sensus Penduduk 2020 akan dilakukan dalam dua periode.

Dijelaskan Gubri, pada periode pertama merupakan tahapan pelaksanaan sensus penduduk online. Dimana seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan informasi kependudukan secara mandiri melalui sensus.bps.go.id dengan pelaksanaan waktu yang diperpanjang dari 15 Februari hingga 29 Mei 2020.

“Pada periode kedua nantinya akan dilakukan kegiatan verifikasi publik dan pencacahan penduduk, atau Kegiatan Sensus Wawancara yang akan diselenggarakan pada 1-30 September 2020,” terangnya, Rabu (29/04/2020).

Pada periode Sensus Penduduk Wawancara, lanjut Gubri, petugas sensus melakukan verifikasi bersama ketua/pengurus satuan lingkungan setempat serta melakukan pendaftaran untuk penduduk yang belum berpartisipasi pada sensus penduduk online.

Syamsuar mengatakan, bahwa SP2020 dilaksanakan dengan tujuan untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia. Selain itu, pelaksanaan SP2020 juga bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, penyebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia.

“Hal ini membentuk kerangka sampel untuk kerangka statistik 10 tahun ke depan, memperoleh data parameter demokrasi untuk keperluan proyeksi penduduk, indikator SDGs, serta sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah,” katanya.

Kemudian, Gubri mengatakan, berdasarkan tujuan tersebut pelaksanaan SP2020 oleh BPS menggunakan metode kombinasi dengan memanfaatkan data registrasi penduduk dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri yang dilengkapi dengan pencacahan lengkap pada Tahun 2020 dan survei Tahun 2021.

“Kami harap Bupati/Walikota se Provinsi Riau, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah se Provinsi Riau, Kepala Kantor Instansi Vertikal se Provinsi Riau, Kepala BUMN/BUMD se Riau, PTN/PTS se Riau agar dapat mengajak Aparatur Sipil Negara, karyawan, atau mahasiswa untuk mengsosialisasikan SP2020 ini kepada keluarga besar serta masyarakat untuk bisa berpartisipasi mengsukseskannya,” tutupnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *