Gempa Guncang Kabupaten Padang Lawas dan Nias Selatan

Ilustrasi/NET

LAMANRIAU.COM, MEDAN – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Padang Lawas dan Nias Selatan, Kamis (30/4/2020) sore. Getaran gempa juga sampai dirasakan masyarakat di Pinang Sori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut).

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa di Padang Lawas magnitudo 5,6 dengan episenter yang berlokasi di titik koordinat 1,17 Lintang Utara (LU) dan 99,53 Bujur Timur (BT).

Sementara itu, untuk Nias Selatan berkekuatan 3,2 SR dengan episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 0,02 Lintang Selatan (LS) dan 98,45 Bujur Timur (BT). Gempa yang melanda dua kabupaten ini tidak menimbulkan tsunami.

Salah seorang warga Padang Lawas, Herman (40), saat dihubungi dari Medan menyampaikan, gempa yang terjadi itu mengundang kehebohan masyarakat. Warga langsung berhamburan keluar rumah saat merasakan gempa.

“Getarannya terasa sangat kuat. Orang yang berada dalam rumah pun langsung berhamburan ke luar rumah. Padahal, masih pandemi Covid-19, warga kan diimbau tetap berada di rumah,” katanya.

Krisman Gulo (30) warga Nias Selatan menyebutkan, getaran gempa yang melanda daerah itu sangat dirasakan. Masyarakat dibuat terkejut karena gempa itu sudah lama tidak terjadi di daerah itu.

“Begitu terjadi gempa, warga juga berhamburan ke luar rumah. Masyarakat langsung menuju lokasi tanah lapang untuk menghindari bangunan rumah runtuh,” sebutnya. (BSC)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *