Sosial  

Gubri Syamsuar Usulkan Buruh Korban PHK Dampak Corona ke Pemerintah Pusat

Gubri Syamsuar

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengusulkan buruh atau masyarakat Riau yang menjadi korban PHK akibat musibah virus Corona (Civid-19) pada pemerintah pusat. Usulan tersebut guna mendapatkan penghasilan yang telah diprogramkan pemerintah pusat melalui kartu Pra Kerja.

Informasi tersebut disampaikan lansung oleh, Gubernur Riau, (Gubri) Syamsuar, Jumat (1/5/2020) saat melakukan Konferensi Pers di posko Covid-19 Riau Gedung Daerah, Pekanbaru.

Dikatakannya, usulan tersebut menimbang kondisi pihak swasta termasuk pemerintahan pasca musibah Covid-19 yang harus merumahkan karyawan. Untuk itu dalam rangka hari buruh tahun 2020 ini ia meminta para buruh tetap semangat jaga kesehatan sebagaimana baiknya.

“Kita Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah mengusulkan buruh yang terdampak Covid-19 ini pada pemerintah pusat untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja. Mudah-mudahan dalam waktu cepat sudah keluar dan buruh juga ada penghasilan,” kata Gubri.

Sebelumnya, ia juga sudah meminta seluruh daerah untuk mendata dan megusulkan para buruh yang ada di daerah segera diusulkan pada tingkat provinsi. Sehingga provinsi juga bisa segera mengajukan ke pusat agar bantuan bisa segera didapatkan.

Gubri mengaku dan menyadari jika musibah Covid-19 ini telah melumpuhkan ekonomi masyarat. Sehingga pemerintahan terus melakukan upaya semaksimal mungkin untuk bisa mencegah virus ini berkembang. Seperti penerapan PSBB yang dalam waktu dekat juga akan diusulkan untuk tingkat provinsi Riau.

“Penerapan ini juga mengambil pengalaman dari Kota Pekanbaru yang telah berhasil menekan angka penyebaran Covid-19 selama menetapkan PSBB. Yang pasti kita berdoa dan berharap musibah Covid-19 ini segera berakhir,” katanya.

Sementara terkait pelaksanakan MayDay (Hari Buruh) ia kembli menghimbau para buruh bisa menjaga suasana tetap damai dan aman dan lakasnakan sesuai yang diharapkan.

“Harapan saya MayDay bisa dilaksanakan kaum buruh di Riau dengan santun, aman dan damai,” tuturnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *