Riau  

Bahas Ketahanan Pangan Daerah, Asisten II Setdaprov Riau Vidcon Dengan Sekjen Kemendagri

Evarefita

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Evarefita melakukan Video Conference (Vidcon) bersama Sekretatris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri), Muhammad Hudori terkait menjaga ketahanan Pangan Daerah.

Dalam laporannya, Evarefita menyampaikan ketahanan bahan pangan di Provinsi Riau hingga saat ini masih relatif aman. Disampaikan saat Vidcon yang telah berlangsung di Ruang Riau Command Center (RCC), Jumat (15/05/2020).

“Kami melaporkan Provinsi Riau untuk ketahanan pangan hingga saat ini relatif aman, untuk ketersediaan beras dari Bulog, distributor dan serta produksi sendiri juga mencukupi untuk kebutuhan Provinsi Riau,” lapornya.

Dalam menghadapi Covid 19 di Provinsi Riau, Evarefita menuturkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah melakukan langkah-langkah untuk mempersiapkan ketahan pangan di Provinsi Riau selama pandemi Corona ini.

“Yaitu seperti menghidupkan lahan-lahan kosong, untuk ditanami untuk ketahanan pangan, dan sudah diimbaukan kepada kabupaten dan kota untuk melakukan hal yang sama,” ucapnya.

Ditambahkannya, bahan pokok gula untuk ketersediaan bahan juga masih relatif aman, namun untuk harganya mengalami kenaikan di atas harga eceran tertinggi.

“Kenaikan bahan gula berkisar antara 17 ribu hingga 18 ribu per kilo,” tambahnya.

Dilanjutkan Evarefita, bahwa Dinas Perdagangan provinsi, kabupaten dan kota sudah melaporkan setiap harinya Ke Menteri Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan sudah melaporkan ke Menteri Pertanian.

“Kami menyambut baik untuk pembentukan satuan tugas ketahanan pangan daerah yang mana surat edarannya akan dikirimkan hari ini, insyaa Allah akan segera kami menindaklanjuti,” ujarnya.

Evarefita mengusulkan terkait surat edaran mengenai pembentukan satuan tugas ketahanan pangan daerah, serta pelaporannya untuk dibuat sistem agar kabupaten/kota melaporkan secara cepat ke provinsi dan provinsi menginputkan ke pusat. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *