Sekjen Kemendagri Imbau Pembentukan Satuan Tugas Ketahanan Pangan di Riau

Evarefita

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Muhammad Hudori mengimbau kepada seluruh daerah untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) ketahanan pangan daerah berdasarkan surat edaran dari kementerian yang akan diedarkan ke daerah hari ini.

Disampaikannya saat melakukan Video Conference (Vidcon) bersama Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Evarefita serta Sekretaris Daerah Provinsi se-Indonesia yang berlangsung di Ruang Riau Comand Center (RCC), Jumat (15/05/2020).

Tujuan Satgas ketahanan pangan daerah, Hudori mengatakan agar pemerintah pusat dapat memastikan ketersediaan bahan pangan di daerah, hal ini agar pemerintah pusat dapat memantau ketersediaan sebelas bahan pangan.

“Satuan tugas ketahanan pangan ini untuk memastikan sebelas bahan pangan di daerah seperti, beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe rawit, daging sapi, daging kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir dan minyak goreng,” jelasnya.

Ditambahkan Sekjen Kemendagri, untuk pelaporan satgas ketahanan pangan daerah ini disampaikan secara paralel, dimana pelaporan dari kabupaten dan kota untuk dilaporkan ke provinsi, kemudian provinsi melaporkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Diharapkan pelaporan ini disampaikan setiap harinya,” tuturnya.

Selanjutnya Sekjen Hudori menyampaikan yang melatarbelakangi pembentukan satuan tugas ketahanan pangan daerah ini sebagai bentuk memberikan masukan kebijakan ke kementerian, untuk mengetahui potensi pangan setiap daerah serta jalur distribusinya.

“Kemudian yang melatarbelakangi juga untuk mengetahui supply dan demand bahan pangan di daerah, juga mengetahui kendala dan pengadaan bahan pangan, dan terakhir mengetahui real-time harga bahan pangan di daerah,” tutupnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *