Berakhir 29 Mei, Penghapusan Denda PKB di Riau Tergantung Tanggap Darurat Covid-19

Syahrial Abdi

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kebijakan penghapusan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) berlaku sampai masa Tanggap Darurat Bencana Non-alam Virus Corona (Covid-19) Provinsi Riau pada 29 Mei mendatang. Apakah kebijakan tersebut akan diperpanjang?

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau, Syahrial Abdi mengatakan, kebijakan penghapusan denda pajak kendaraan bermotor berlaku selama masa pandemi Covid-19.

“Periode masa tanggap darurat kita berakhir 29 Mei, kemudian PSBB di enam kabupaten/kota Provinsi Riau juga berakhir di masa yang sama. Jika nanti kebijakan itu diperpanjang, maka kita akan sesuaikan kebijakan penghapusan denda pajak kendaraan bermotor,” kata Syahrial Abdi, seperti dilansir cakaplah.com.

Namun jika kebijakan tanggap darurat dan PSBB tidak diperpanjang, kata mantan Penjabat Bupati Kampar ini, pihaknya juga telah menyiapkan mekanisme baru.

“Kita juga sudah mendapat masukan dari berbagai pihak terkait dengan pajak kendaraan bermotor, jika kebijakan tanggap darurat dan PSBB tidak diperpanjang, maka berdasarkan permintaan masyarakat bisa saja kita beralih mekanisme penghapus denda pajak,” terangnya.

“Jadi tidak lagi memandang periode Covid-19, tapi penghapusan denda pajak seperti tahun sebelumnya. Itu skenarionya, intinya bagaimana kita meringankan beban masyarakat, sedangkan pendapatan daerah tetap masuk,” pungkasnya.

Untuk diketahui penghapusan denda pajak ini merupakan kebijakan Gubernur Riau, Syamsuar dalam rangka memberi keringanan pada masyarakat terhadap dampak musibah virus corona atau Covid-19.

Terutama pada masyarakat yang kendaraannya jatuh tempo pada masa pemberlakukan tanggap darurat Covid-19 atau sejak 17 April sampai 29 Mei 2020.

Untuk memanfaatkan program ini, masyarakat bisa menggunakan aplikasi e-Samsat atau Samsat Online Nasional (Samolnas) yang bisa didownload melalui Playstore Android, atau juga bisa langsung mengunjungi kantor Bapenda Riau dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *