Mortir Sisa Perang Dunia II Ditemukan Warga di Perladangan Aek Huta Simalungun

Proses petugas melakukan persiapan disposal mortir sisa perang dunia II yang ditemukan di perladangan Aek Huta, Simalungun, Minggu (31/5/2020). (Foto: istimewa)

LAMANRIAU.COM, SIMALUNGUN – Warga Dusun Bandar Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) dihebohkan dengan penemuan sebuah mortir. Mortir ini diduga sisa Perang Dunia II yang ditemukan warga di perladangan Aek Huta, Minggu (31/5/2020).

Penemuan tersebut kemudian dilaporkan warga kepada petugas yang selanjutnya diteruskan kepada Satuan Brimob Polda Sumut Unit Penjinakan Bom (Jbom). Mendapatkan laporan penemuan mortir, personel Jibom Polda Sumut, kemudian turun ke lokasi untuk mengevakuasi mortir tersebut.

“Temuan bom mortir militer ini atas laporan dari masyarakat kepada kita,” kata Kasubden Jibom Jibom Brimob Polda Sumut AKP Daud Pelawi, Senin (1/6/2020).

Daud mengatakan, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, personel jibom memutuskan untuk mendisposal mortir tersebut di lokasi penemuan. Pelaksanaan disposal mortir sisa perang dunia II tersebut dilaksanakan Minggu siang sekitar pukul 13.05 WIB.

“Setelah pendisposalan dilakukan, kembali dilakukan pengecekan dengan hasil bom militer itu dalam kondisi hancur,” ucapnya. (SII)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *