Harga Minyak Mentah Naik, Ikut Pengaruhi Kenaikan Harga Sawit Pekan Ini

Ahmad Syah Haroffie

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Harga kelapa sawit penetapan ke-23 bulan Juni 2020 periode 10–16 Juni di tahun 2020 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur.

Dengan jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp84,34/Kg atau mencapai 5,79 % dari harga minggu lalu.

Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp1.539,95/Kg.

Plt Kepala Dinas Perkebunan Riau Ahmad Syah Haroffie mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

Untuk faktor internal, naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikan harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data. Tercatat rata-rata kenaikan harga jual CPO mencapai Rp310,66/Kg dan mencapai Rp141,00/Kg untuk harga kernel.

“Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp 319,60/Kg, Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 380,00/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 239,00/Kg, Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 322,38/Kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp 292,33/Kg dari harga minggu lalu,” terangnya.

Sedangkan untuk harga jual kernel, sambung Ahmad Syah Haroffie, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan sebesar Rp 204,55/Kg, Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 88,00/Kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp 130,18/Kg dari harga minggu lalu.

Sementara dari faktor eksternal, kenaikan harga TBS periode ini dipengaruhi oleh kenaikan harga minyak mentah dunia. Terjadinya kenaikan ekspor akibat banyak negara yang sudah melonggarkan pembatasan sosialnya dan memacu kembali ekonominya.

“Permintaan juga diharapkan naik karena adanya restocking di India, Cina dan Eropa. Selain itu, kebijakan Malaysia yang memangkas bea keluar menjadi nol menjadikan harga CPO menjadi lebih kompetitif bagi para pembeli,” paparnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *