Pasca Covid-19, Gubernur Riau Rasakan Adanya Tantangan Pembangunan

Gubri Syamsuar

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan bahwa Covid-19 adalah persoalan bersama. Bencana yang tidak peduli siapapun itu pada akhirnya akan menjadi ancaman bagi Riau di masa depan, salah satunya dalam bidang pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Gubri dalam memberikan materi pada web seminar (webinar) nasional yang ditaja oleh UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (11/6/2020).

Gubri memaparkan, kedepan ada beberapa tantangan dalam bidang pembangunan yang harus dihadapi Riau pasca Covid-19 ditanah melayu, diantaranya pertama, pertumbuhan ekonomi.

“Pertumbuhan ekonomi Riau yang semula diperkirakan 2.91 persen, akan terkoreksi menjadi 2.28 sampai 2.32 persen. Tentunya pertumbuhan ekonomi ini berpengaruh karna harga minyak turun,” terangnya.

Tantangan kedua, berkurangnya pendapatan daerah sebesar 17.65 persen.

Syamsuar menyebutkan kekurangan itu diakibatkan turunnya harga minyak dunia tahun 2020 atau dikisarkan 30 sampai 40 US$, yang semula diproyeksikan pada APBN tahun 2020 sebesar 67 US$. Serta turunnya pendapatan asli daerah.

Apalagi Riau termasuk daerah penghasil migas. Oleh karenanya, kata Gubri hal itu sangat berpengaruh pada pendapatan daerah. Sebab semua kabupaten, kota dan provinsi sangat bergantung pada dana bagi hasil (DBH).

“Maka dari itu tentunya harga minyak sangat berpengaruh pada daerah di Provinsi Riau,” ujarnya.

Ketiga, terus menurunnya pendapatan daerah hingga target pembangunan harus dilakukan penyesuaian, khususnyan pembangunan infrastruktur.

Tantangan keempat sambung Gubri, yakni peningkatan angka kemiskinan dan pengangguran diakibatkan oleh dampak Covid-19 terhadap sektor rill, seperti restoran, hotel, UMKM maupun industri besar di Riau.

“Angka kemiskinan diproyeksikan meningkat pada tahun 2020 sebanyak 23.776 orang dibanding tahun 2019. Serta jumlah pengangguran diproyeksikan meningkat pada tahun 2020 sebanyak 7.160 orang dibanding tahun 2019,” tutupnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *