Payudara Besar Sebelah, Benarkah Tanda Penyakit?

Ilustrasi payudara besar sebelah, normalkah? (Sumber: Visualphotos)

LAMANRIAU.COM – Setiap payudara perempuan memang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda.

Tapi banyak perempuan yang khawatir dan merasa bahwa ukuran payudaranya besar sebelah dan asimteris. Pertanyaannya kemudian, normalkah hal itu?

Jangan terlalu khawatir, dilansir dari SELF, pakar kesehatan wanita Jennifer Wider, M.D., mengatakan bahwa hal itu cukup normal.

“Sebenarnya lebih umum bagi perempuan untuk memiliki bentuk dan ukuran payudara yang berbeda dari payudara yang benar-benar simetris,” kata Jeniffer.

Therese B. Bevers, M.D., profesor pencegahan kanker klinis dan direktur medis dari Pusat Pencegahan Kanker di MD Anderson Cancer Center, mengungkapkan, perbedaan dapat berkisar dari yang sangat halus hingga benar-benar berbeda sama sekali.

“Beberapa perempuan memiliki perbedaan ukuran satu atau dua cup di antara payudara mereka,” katanya.

Jadi, jika Anda selalu memiliki payudara yang tidak sepenuhnya identik, itu tidak berarti ada sesuatu yang salah. Demikian ungkap Sherry Ross, MD, seorang pakar kesehatan wanita di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica.

Selain itu, payudara Anda juga sebagian terdiri dari lemak, dan ukurannya dapat dipengaruhi oleh perubahan berat badan.

Ketika Anda menambah dan menurunkan berat badan, itu tidak selalu terjadi secara merata di seluruh tubuh Anda – dan hal yang sama berlaku pada payudara Anda, kata Dr. Bevers.

Akibatnya, sangat mungkin untuk menambah atau menurunkan berat badan secara asimetris di payudara,” katanya.

Kadang-kadang kondisi medis atau kerangka yang mendasari seperti skoliosis, kelengkungan tulang belakang, atau kelainan pada dinding dada wanita, dapat membuat penampilan payudara asimetris, kata Dr. Wider.

Tetapi ini adalah penyebab yang jarang dari pada genetika dan perubahan berat badan. (SC)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *