Kemenlu RI Siap Bantu Daerah Untuk Ekspor Produk Pertanian dan Unggulan ke Malaysia

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kementerian Luar Negeri dalam hal ini disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Asia Pasik dan Afrika (Aspasaf) Rossy Verona siap dukung daerah untuk mengekspor produk unggulan.

Hal tersebut disampaikan dalam Video Conference Sarasehan dalam rangka Percepatan Kebangkitan & Tindak Lanjut Promosi UMKM, Produk Pertanian dan Produk Unggulan lainnya ke Malaysia ditengah pandemi Covid 19, kemarin.

Sekretaris Ditjen Aspasaf mengatakan, siap membantu memfasilitasi pemerintah daerah daerah dalam hal promosi produk unggulan kepada target market melalui perwakilan Indonesia yang ada di Malaysia.

“Kami siap membantu daerah untuk mempromosikan produk unggulannya agar bisa diekspor ke Malaysia dengan memfasilitasi keKonsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Baru Malaysia Sunarko, Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Kuala Lumpu Malaysia Harry Rusmana dengan catatan harus sesuai standar,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan produk yang nantinya akan dipromosikan layak ekspor maka harus memenuhi standar dan aturan perdagangan internasional seperti standar kesehatan, keamanan, keselamatan, penggunaan bahasa inggris dalam packaging.

“Produk yang nantinya akan diekspor harus disiapkan dengan baik sesuai dengan standar internasional seperti kemasannya, keamanan, kesehatan dan menggunakan bahasa inggris, sehingga nanti kami akan hubungkan dengan KBRI dan Konjen di Malaysia,” tutupnya.

Video Conference sarasehan diikuti 8 pemeirntah daerah, yaitu Riau, Bengkulu, Kebumen, Blitar, Rembang, Cirebon Banjarnegara dan Kendal serta diikuti oleh pelaku UMKM Swasta dan lainnya.

Hadir dalam Video converence tersebut Narasumber dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Baru Malaysia Sunarko, Bambang Sugiharto dari Direktur Pengelolaan dan pemasaran Kementrian Pertanian, Koordinator Fungsi Ekonomi Harry Rusmana. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *