Miris, Bertahun Keluarga Ini Tinggal di Gubuk Berdinding Daun

LAMANRIAU.COM, TEMBILAHAN – Rumah berdinding papan sudah hal lumrah banyak berdiri bangunan seperti ini di Kota Tembilahan, Indragiri Hilir. Kontur tanah rawa yang lembut, warga daerah itu lebih banyak memilih mendirikan bangunan dari bahan kayu. Sebab, dinding beton membutuhkan penahan yang kuat dan berbiaya mahal.

Tapi, kondisi rumah-rumah yang tak layak huni, juga banyak didiami oleh keluarga kurang mampu di Kota Ibadah tersebut.

Seperti halnya Sanrena dan keluarga, warga yang tinggal di Parit 6 Gang Binjai, Tembilahan Barat, Tembilahan Hulu ini. Bertahun sudah bertahan di rumah yang hanya berdinding daun nipah yang dianyam menjadi atap.

Rasa prihatin dirasakan oleh Anggota DPRD Riau Septina Prinawati Rusli saat berkunjung melakukan reses di daerah itu pekan lalu. Ini disampaikannya dalam unggahan Facebook pribadi istri mantan Gubernur Riau Rusli Zainal.

Ketidakmampuan Keluarga Sanrena, kata dia, karena hasil yang didapat suaminya sehari-sehari sebagai pemulung tak memcukupi kebutuhan hidup.

“Disela-sela masa reses, saya menyempatkan diri mampir ke rumah Sanrena. Sanrena bersama keluarga saat ini tinggal di rumah berdinding daun terletak di Parit 6, Gang Binjai, Kelurahan Tembilahan Barat,” tulis Septina, Rabu 15 Juli 2020.

Melihat kondisi rumah Sanrena seperti itu, sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Indragiri Hilir, Ia mengaku ingin memperjuangkan agar Sanrena mendapatkan Rumah Layak Huni yang diprogramkan Pemerintah Provinsi Riau.

Tidak hanya keluarga Sanrena yang bernasib kurang beruntung. Septina juga sempat mengunjungi rumah nenek Fatimah (65). Kondisi rumahnya juga tak kalah memprihatinkan yakni berdinding plastik.

“Insya Allah, Rumah Layak Huni juga akan saya perjuangkan,” janji dia.

Di akhir dari perjalanan, Septina tetap mengingat para keluarga garis bawah di daerah itu, tetap untuk siap terutama menghadapi masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Saya beri edukasi kepadanya tentang Tatanan Kehidupan Baru (New Normal) dengan mewajibkan kita pakai masker. Sambil memberikan masker padanya, karena saat bertemu Sanrena tidak menggunakan masker,” tutup dia. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *