Upacara HUT RI ke 75 Tahun Ini Digelar di Halaman Gedung Daerah Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kalau biasa upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI digelar di halaman kantor Gubernur Riau di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Tahun sedikit istimewa karena pelaksanaan hanya digelar terbatas di halaman Gedung Daerah Riau di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin 17 Agustus 2020 pagi.

Upacara pengibaran bendera merah putih yang dimulai pada pukul 07.00 WIB menerapkan protokol kesehatan, mengingat saat ini khususnya di Pekanbaru masih zona merah pandemi Covid-19. Upacara tetap berlangsung dengan khidmat, dimana bertindak selaku Inspektur upacara, Gubernur Riau, Syamsuar didampingi Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution

Sementara yang bertindak sebagai pembawa baki bendera adalah Azhahra Kintan Masayu Indra dari SMAN 1 Telukkuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Sedangkan yang bertugas sebagai pembentang bendera Joshua Sihite dari SMKN 1 Batin Solapan Kabupaten Bengkalis dan penggerek Zuhud Abdillah dari SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

Usai upacara, Gubernur memberikan penghormatan serta ucapan selamat kepada Komandan Upacara dan petugas upacara yang telah sukses berlangsungnya upacara HUT RI ke 75 tahun ini.

Kondisi pandemi Covid-19 atau virus corona yang masih terjadi membuat upacara bendera dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta upacara diwajibkan untuk memakai masker. Selain itu, peserta upacara juga dibatasi dari setiap instansi.

Forkopimda Riau lainnya juga tampak hadir seperti Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI M Syech Ismed, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma Ronny Irianto.

Tahun ini, petugas pengibar bendera (Paskibra) juga dibatasi hanya tiga orang saat pengibaran dan tiga orang saat penurunan bendera. Petugas Paskibra tahun ini juga diambil dari petugas tahun 2019 lalu, karena tahun ini tidak dilakukan seleksi. (MCR) 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *