Wapres Ma’ruf Amin dan Istri Tampil dengan Pakaian Adat Melayu

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Untuk pertama kali sebagai Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dan istri tampak mengikuti upacara bendera memperingati hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin 17 Agustus 2020.

Dikutip dari siaran pers Sekretariat Wakil Presiden, dalam upacara pertamanya itu, Wapres Ma’ruf Amin tampak mengenakan pakaian adat Melayu Indonesia berwarna hitam.

Ia juga didampingi oleh sang istri, Wury Ma’ruf Amin yang juga mengenakan baju kurung modern dan songket tabur berwarna senada dengan kain songket Wakil Presiden.

Upacara peringatan HUT RI kali ini digelar secara berbeda dengan keterbatasan peserta akibat adanya pandemi Covid-19. Presiden dan Wakil Presiden Indonesia sebelumnya serta peserta lainnya mengikuti upacara tersebut secara virtual.

Mereka juga diharuskan mengenakan pakaian adat Indonesia, sebagaimana upacara 17 Agustus sebelumnya. Termasuk, Presiden Joko Widodo yang mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Meskipun dalam keterbatasan, akan tetapi upacara yang dipimpin langsung Presiden Jokowi sebagai Inspektur Upacara berlangsung lancar dengan khidmat.

Sebelumya, Wapres Ma’ruf Amin dalam khutbah shalat Jumat pada 14 Agustus 2020 menyampaikan bahwa kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia merupakan berkat dan rahmat Allah SWT melalui kegigihan perjuangan para pahlawan bangsa.

“Dengan semangat juang dan semangat kesatuan dan persatuan, kita jadikan sebagai landasan utama di dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan yang sejahtera,” kata dia.

Ia pun berharap semangat para pejuang itu dijadikan landasan bangsa Indonesia untuk melawan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Diketahui, sebelum menghadiri upacara peringatan HUT ke-75 RI, Wapres Ma’ruf Amin juga menghadiri acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada pukul 00.00 WIB.

Rencananya, ia juga akan menghadiri upacara penurunan bendera merah putih yang digelar pada sore hari. (KPC)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *