Kampus  

Mahasiswa Unri Produksi Jamu Peningkat Imunitas

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau memamerkan jamau produksi mereka,

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Penyebaran virus Covid-19 masih terus berlanjut. Seluruh dunia merasakan dampak yang disebabkan oleh virus ini, termasuk juga Indonesia. Dampak yang timbul baik untuk kesehatan maupun hingga ekonomi memberikan pukulan begitu besar. Pemerintah hingga saat ini juga masih berupaya menangani Covid-19 yang telah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia atau bahkan ke.

Sebagai langkah percepatan menekan Covid-19, Universitas Riau juga turut mengambil peran melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dengan mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diberi judul “Kukerta Balek Kampung” salah satunya dari Tim Kukerta Kelurahan Wonorejo.

Salah satu upaya yang diambil oleh tim kelurahan Wonorejo yakni membuat jamu tradisional dan mendistribusikannya ke masyarakat sekitar. Jamu tradisional sudah lama dikenal masyarakat indonesia sebagai minuman kesehatan.

Selain itu, jamu juga dianggap sebagai salah satu pengobatan alternatif yang kerap digunakan oleh masyarakat. Sehingga saat beragam vaksin Covid 19 masih dalam tahap ujicoba seperti saat ini, jamu menjadi salah satu minuman sehat yang dapat menjadi peningkat imun dalam upaya pereventif penyebaran Covid 19.

Proses kegiatan dikerjakan langsung oleh Mahasiswa Kukerta kelurahan Wonorejo diantaranya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum , dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kegiatan berupa pembelian rempah-rempah, pembuatan, pengemasan, hingga pendistribusian langsung dikerjakan oleh Tim Kukerta Kelurahan Wonorejo

Tepatnya tanggal 12 Agustus 2020 tim kukerta sudah menyiapkan alat dan bahan untuk membuat jamu, dan pada hari itu jamu langsung di produksi oleh tim kukerta.

Jamu tadi sudah dipersiapkan agar dapat didistribusikan tanggal 13 Agustus 2020 secara door to door ataupun kepada warga yang kebetulan lewat.

Kegiatan diikuti oleh seluruh tim kukerta kelurahan Wonorejo dengan total 9 orang yang turun langsung ke jalan.

Mulai dari pembagian jamu untuk pengurus kelurahan hingga ke masyarakat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti tetap menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer baik sebelum ataupun sesudah kegiatan berlangsung.

Mahasiswa Kukerta berharap dengan adanya pembagian jamu ini dapat meningkat imun tubuh masyarakat dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi ini. Pola hidup sehat dan menjaga kesehatan di masa pandemi ini ditekankan oleh Mahasiswa kukerta kepada masyarakat sekitaran Kelurahan Wonorejo.

“Seluruh lapisan masyarakat mengalami kesusahan. Seluruh komponen masyarakat harus ikut serta saling bahu membahu dalam mangahadapi Covid 19. Sebagai mahasiswa ,kegiatan ini merupakan wujud upaya mengabdi sebagai mahasiswa dan sebagai masyarakat di masa pandemi ini,” kata salah seorang mahasiswa peserta Kukerta, Gunawan. (RAK)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *