Indra Gunawan Akui Pemakaian Heli Milik BNPB untuk Tugas Ketua DPRD Riau Pantau Karhutla

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Ketua DPRD Riau H Indra Gunawan Eet mengakui dirinya memakai helikopter milik Badan Penanggulangan Bencana Pusat (BNPB), Sabtu 22 Agustus 2020, sebagai kapasitas pimpinan dewan untuk memantau perkembangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah ini.

Sebelumnya video Ketua DPRD Riau menaiki helikopter milik BNPB viral, karena diduga untuk kepentingan kegiatan Partai Golkar. Indra Gunawan sebagai sekretaris DPD I Partai Golkar Riau hadir pada pelaksanaan Musda Partai Golkar Bengkalis.

“Penggunaan heli BNPB itu murni dari permintaan saya dalam kapasitas Ketua DPRD Riau. Sebagai pejabat negara, masa saya tak boleh untuk menggunakan fasilitas tersebut. Para menteri saja boleh, mereka juga orang partai politik,” kata Indra Gunawan, Senin 24 Agustus 2020.

Saat itu, lanjutnya, dirinya ingin melihat kondisi kebakaran hutan pada titik kordinat yabg berada di wilayah Siak Kecil dengan perbatasan Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis.

“Pada saat itu kami temukan adanya kebakaran hutan di sana di areal perkebunan masyarakat, persis dekat dengan area PT Arara Abadi,” lanjut dia.

Terkait heli yang turun di Bengkalis dan disambut oleh pengurus Golkar daerah itu. Ia mengatakan hal itu kebetulan saja karena memabg tengah ada Musda.

“Sekali lagi acara Golkar itu kebetulan. Saya memakai heli BNPB murni atas permintaan untuk memantau Karhutla. Kalau saya dianggap menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan partai politik, itu terserah mereka yang menilai. Wajar saja, saya ini pejabat dari partai politik,” pungkas dia. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *