Riau  

Pangdam Bukit Barisan Dukung Kanwil Bea Cukai Berantas Penyelundupan di Wilayah Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah MA., MSc, mengadakan kunjungan ke Kantor Bea Cukai Pekanbaru dalam rangka menjalin Sinergi antara Kodam I/BB dengan Kanwil DJBC Riau, Kamis 27 Agustus 2020.

Kunjungan yang dilakukan Pangdam I/BB di Aula Kantor Pengawasan dan Pelayanan Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru disambut oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Riau beserta jajarannya.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Riau, Ronny Rosyandi dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan, Agung Saptono.

Pangdam I/BB, Irwansyah dalam sambutan mengatakan, wilayah Riau masih rawan tindak pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai, operasi gempur rokok ilegal. Hal ini menyebabkan tingginya pelanggaran pada komoditas cukai.

“Oleh karena itu, Bea Cukai perlu menjalin kerja sama untuk dapat menumpaskan pasar rokok illegal serta meningkatkan pengawasan terutama di daerah pesisir dan perairan Riau,” katanya.

Tidak hanya sinergi dalam penindakan operasi Gempur Rokok Ilegal, tetapi kedua instansi perlu meningkatkan kerjasama untuk mencegah terjadinya pelanggaran di Bidang Kepabeanan dan Cukai lainnya.

“Sinergi tersebut diantaranya ialah penindakan penyelundupan, kemudian kegiatan sharing terkait penyelundupan Barang Kena Cukai yang dilakukan secara illegal,” lanjut dia.

Selain itu, kata Irwansyah sosialisasi kepada masyarakat dengan cara memasang spanduk dan banner di 166 kecamatan di wilayah Riau juga perlu dilakukan.

Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Riau, Ronny Rosyandi mengharapkan dengan adanya kunjungan Pangdam Bukit Barisan dapat meningkatkan silaturahmi serta sinergi Bea Cukai Riau dengan Kodam Bukit Barisan.

“Terutama dalam meningkatkan perekonomian dan kemanan di wilayah pengawasan Bea Cukai Riau,” kata Ronny.

Kunjungan kali ini ditutup dengan sesi pemberian plakat dan foto bersama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dengan adanya jalinan sinergi ini diharapkan kedua instansi dapat melakukan pengawasan yang lebih luas. Dan dalam keadaan pandemi covid-19 sekalipun, Bea Cukai
diharapkan tidak pernah lengah untuk menjalankan peran dan fungsinya.

“Terutama mengawasi peredaran berbagai komoditas yang berpotensi memicu terjadinya pelanggaran di Bidang Kepabeanan dan Cukai,” tutup Ronny.***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *