Janda Bolong, Tanaman Hias dengan Harga Ratusan Juta

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Harga tanaman hias janda bolong alias Monstera adansonii variagated saat ini semakin mahal. Keberadaannya saat ini diburu masyarakat, khususnya di Pekanbaru.

Harga janda bolong bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan dan berpotensi terus melambung ke depannya.

Spekulasi para peneliti lubang-lubang tersebut terbentuk karena monstera mengalami preforasi (proses pelubangan akibat tetesan air) yang cukup intens. Lubang itu pula yang membuatnya dinamai janda bolong.

Berikut ini adalah beberapa hal istimewa yang akan membuat harga janda bolong mahal.

Warna dan daunnya mewah

Daun janda bolong terlihat kemilau, hal ini yang tampak mewah. Sehingga bila dipandang menimbulkan rasa senang dan berkesan.

Monstera dikenal mampu mendatangkan atmosfer kesejukkan hutan tropis ke dalam ruangan.

Warnanya hijau pekat dan permukaannya mengkilap. Namun yang membuat monstera semakin menarik hati adalah lubang-lubang yang ada pada helai daunnya yang menjari.

Mudah dirawat

Berbeda dari tanaman tropis kebanyakan yang memerlukan cahaya matahari yang berlimpah, monstera justru cukup toleran dengan kondisi ruangan yang minim pencahayaan alami.

Janda bolong juga tahan ditempatkan di area dengan pendingin ruangan. Jadi tak repot-repot memindahkan monstera dari dalam ke luar ruangan hanya demi mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Rata-rata suhu ruangan ideal untuk monstera adalah 23-30 derajat Celcius untuk siang hari. Dan di malam hari sebesar 15 derajat Celcius.

Monstera dapat diperbanyak dengan teknik stek batang. Cara memperbanyaknya dapat dilakukan dengan teknik vegetatif sederhana, yaitu stek batang.

Memperbaiki kualitas udara 

Monstera juga dapat memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam ruangan. Daun monstera yang lebar mempunyai lapisan seperti lilin yang bisa menangkap debu. Hal ini membuat suasana rumah bisa menjadi lebih bersih.

Monstera juga bisa memunculkan kelembapan yang baik pada ruangan sehingga suasana di dalam rumah akan menjadi lebih sejuk dan tidak terlalu kering. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *