Melalui Pertemuan Daring Pengurus Wilayah PPII Riau Dilantik

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pengurus pusat Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) secara resmi melantik Pengurus Wilayah PPII Provinsi Riau periode 2020-2022, Selasa 29 September 2020.

Pelantikan dilaksanakan secara daring oleh Sekretaris Jenderal PP PPII, Dr. Parmin, S.Pd M.Pd mewakili Ketua Umum Prof. Anna Permanasari, M.Si. Turut serta hadir Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikrman dan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin MA.

Sekretaris Jenderal PP PPII, Dr. Parmin, S.Pd M.Pd dalam sambutan mengatakan, dengan dilantiknya pengurus wilayah PPII Riau ini, Ia berharap memberikan kontribusi kepada pemerintah, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan IPA di Indonesia.

“Anggota atau lebih dikenal dalam istilah kita partisipan PPII ini saat ini terdiri sekitar 1622 orang, yang mana 70 persen adalah dosen dan 30 persen lagi tenaga pendidik guru IPA dan praktisi pendidikan,” kata Parmin.

Ia juga mengingatkan kepengurusan yang baru dilantik, harus bersegera membuat program selama setahun dan satu periode. Kegiatan bisa berkolaborasi dan berkontribusi terhadap pendidikan IPA.

“Untuk diketahui, PPII telah memiliki pengurus wilayah di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Kalimantan Tengah, Bali, Jakarta, Sulawesi Tenggara dan terakhir Riau. Kedepan akan ada lagi di Bengkulu dan Papua,” lanjut Parmin.

Menurut dia lagi, janji yang diucapkan oleh para pengurus dalam pelantikan, adalah tanggung jawab moral bersama sebagai pendidik IPA.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram juga mengucapkan harapan atas dibentuknya Pengurus Wilayah PPII Riau. “Semoga bisa bersinergi membangun dunia pendidikan IPA dan pengembangan sains yang menjadi tren saat ini,” kata Zul Ikram.

Sementara, Ketua Pengurus Wilayah PPII Provinsi Riau Dr Zul Irfan, Msi menyebutkan, ini adalah pelantikan pengurus perdana yang dibentuk di Provinsi Riau, sebagai wadah silaturahmi sekaligus kontribusi dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik IPA di daerah ini.

“Ini adalah asosasi dalam rangka untuk menghimpun pemikiran-pemikiran inovatif dannkreatif dari guru-guru dan dosen bidang pendidikan IPA dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan IPA secara nasional dan khususnya di wilayah Riau,” ujarnya.

Masa pandemi Covid-19 saat ini, ujar Zul Irfan, mempengaruhi segala kegiatan masyarakat. Namun pada masa saat ini, hubungan silaturahmi melalui daring menjadi kemudahan tersendiri.

“Agenda awal kami sudah berencana untuk menggelar MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) kepada para guru dan dosen daerah ini melalui pertemuan online. Tentu akan menjadi kemudahan tersendiri,” ucap dia.

Apalagi, menurut dia, dibandingkan dengan Thailand dan Vietnam secara mutu dunia pendidikan IPA dan sains dalam survei PISA (Programme for International Student Assessment), masih terbilang rendah.

Dalam kegiatan pelantikan tersebut juga sekaligus dilansungkan kuliah umum oleh Dr Parmin Spd MPd dengan tema Isu dan Tren Penelitian Pendidikan IPA. ***

Berikut Susunan Pengurus Wilayah PPII Provinsi Riau Periode 2020-2022

Dewan Pembina:
Prof Dr Jimmi Copriady M.Si (Ketua)
Dr Yenni Kurniawati M.Si (Sekretaris)
Dr Wan Syafi’i M.Si
Dr H Mas’ud Zein M.Pd.

Ketua : Dr Zul Irfan M.Si
Wak. Ketua I : Dr Rian Vebrianto M.Ed.
Wak. Ketua II : Armen Eka Putra S.Pd.
Sekretaris : Susilawati M.Pd
Wak. Sekretaris : Defrizal Hamka M.Pd
Bendahara Umum : Neng Sholihat M.Pd
Wakil Bendahara : Diniya M.Pd

Ketua Bidang

Litbang :
Dr Yennita M.Si.
Dr Dedi Irawan M.Sc
Theresia Lidya Nova M.Pd

Publikasi :
Dr M Rahmad M.Si
Niki Dian Permana P. M.Pd
Gustia Anggraini M.Pd

Pengabdian kepada Masyarakat:
Dr Fakhruddin M.T
Agusminarti M.Pd
Yudi Irawan Syam S.Pd

Humas dan Kerjasama :
Dr Azizahwati M.Si
Hadi Purwanto M.Pd
Rika Rusliandari S.Pd

Pendidikan dan Latihan :
Dr Riki Apriyandi M.Pd
Berry Kurnia Vilmala M.Pd
Dedi Futra M.Sc Ph.D

Data dan Sistem Informasi :
Aldeva Ilhami M.Pd
Reda Soviana S.Pd

Koordinator Wilayah:
1. Kota Pekanbaru : Deswati M.Pd
2. Kampar : Dede Ronal S.Pd
3. Pelalawan : Solehudin S.Pt
4. Kuansing : Yulidasmah, S.Pd.
5. Kota Dumai : Husnul Hayati S.Pd M.Pd.
6. Siak : Recky Azbi M.Pd
7. Rokan Hulu : Shodiq Azhari S.Pd.Si
8. Rokan Hilir : Elva S.Pd
9. Indragiri Hulu : Ali Muchsin S.Pd
10. Indragiri Hilir : Devi Kurnia Fitra S.Pd
11. Bengkalis : Ekasuita, S.Pd.
12. Kepulauan Meranti : Sesi Suswanti M.Pd

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *