Kampus  

UNISSA Brunei Gandeng UIR Kerjasama Buka Fakultas Pertanian

Rektor UIR Prof Syafrinaldi dan Rektor UNISSA Brunei Darussalam Dr Haji Norarfan ketika menanda-tangani di Bandar Sri Begawan MoU pada Juli 2019 lalu. (Foto: Humas UIR)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Rektor Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam Dr Haji Norarfan bin Haji Zainal meminta bantuan Universitas Islam Riau (UIR) untuk membuka Fakultas Pertanian di kampus negara tetangga tersebut.

Baca : Faperta UIR Tebar Bibit Ikan di Danau Tiga Mata Air Kuansing

Bantuan tersebut sekaligus merealisasikan kerjasama UIR-UNISSA yang diteken kedua Rektor dalam Majlis Penandatanganan Memorandum Persefahaman (MoU) di Kampus UNISSA Bandar Seri Begawan pada bulan Juli 2019 lalu.

Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL membenarkan kalau dirinya mendapat pesan WhatsApp dari Rektor UNISSA terkait rencana kampus itu membuka Fakultas Pertanian. Dalam pesan itu, Rektor UNISSA mengabarkan bahwa Sultan Brunei berkunjung ke kampusnya tanpa jadwal pada Selasa 12 Oktober 2020 kemarin.

”Antara lain yang dititahkan oleh Baginda Sultan kepada Rektor Norarfan adalah penubuhan Fakulti Pertanian di UNISSA. Lalu rektor menyampaikan kepada saya kiranya ada teman-teman dari UIR yang bersedia membantu,” ujar Rektor Syafrinaldi membacakan pesan tersebut.

Syafrinaldi menyatakan, pihaknya dengan senang hati akan membantu UNISSA membuka Fakultas Pertanian. Bahkan, Ia menyebut kalau rencana pembukaan Fakultas Pertanian sudah lama diberitahu Rektor UNISSA kepada dirinya tahun lalu. Atau beberapa bulan setelah penandatangan MoU bersama Rektor Haji Norarfan bin Haji Zainal.

“Kami akan membantu UNISSA sesuai kebutuhan dan bantuan ini sekaligus merupakan realisasi dari kerjasama yang telah kami tabalkan tahun lalu,” ucap Rektor.

Tentang bentuk bantuan nantinya, Syafrinaldi mengaku masih harus berkomunikasi lagi dengan rekannya Rektor Haji Norarfan. “Saya kira ini penting karena UNISSA termasuk salah satu universitas besar di Brunei Darussalam. Mereka memiliki bangunan kampus baru dengan lahan seluas 3.200 hektar,” imbuh Syafrinaldi. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *