Merawat Tanaman Hias di Rumah Ini Caranya

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Tanaman hias adalah tanaman yang akan membuat rumah terlihat cantik. Namun hilang kecantikannya kalau tidak merawat dengan baik. Tanaman-tanaman ini bisa mati mendadak.

Baca : Araceae, Satu Lagi Tanaman Hias yang Tengah Digandrungi

Untuk menghindari tanaman kering dan layu, berikut beberapa langkah merawat tanaman yang perlu untuk Kamu simak.

Menggunakan media yang tepat

Dikutip dari The Garden Granny, sebelum mulai memanfaatkan tanaman hias ke dalam rumah, perlu kamu ketahui jenis media apa yang cocok untuk tanaman tersebut. Perlu sekali memastikan bahwa tanah dalam pot bagus atau tidak. Kamu harus memberi pupuk pada tanah. Ini akan membuat tanah bergizi sehingga kebutuhan akan tanaman tercukupi.

Perhatikan intensitas air

Semua tanaman secara alami membutuhkan air untuk tumbuh. Agar tanaman hias bisa tumbuh dengan baik, sirami tanaman seminggu sekali. Usahakan menyiram tanaman secara teratur.

Dalam menyiram tanaman usahakan memperhatikan intensitas air. Jangan menyirami tanaman terlalu banyak. Air yang tergenang dalam pot akan membuat tanaman menjadi busuk. Maka harus memastikan bahwa air untuk tanaman cukup. Jika tanaman kekurangan air, tanaman akan layu.

Pilih tanaman yang tepat

Seperti yang kamu ketahui banyak sekali tanaman hias yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik rumah. Namun, usahakan untuk memilih tanaman yang dapat hidup pada suhu ruangan (± 25 ° C). Cara ini akan memudahkan dalam merawat tanaman hias.

Keluarkan tanaman secara teratur

Seperti air, sinar matahari adalah hal yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Oleh karena itu, Kamu harus mengeluarkan tanaman dan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari. obalah untuk mengeluarkan tanaman setidaknya sekali setiap dua minggu. Dengan demikian, kebutuhan sinar matahari akan terpenuhi.

Perhatikan kelembaban udara

Perlu memastikan kelembapan udaranya bagus. Kamu bisa meletakkan wadah berisi air sekitar tanaman agar kelembaban udara sekitar tetap terjaga.

Ganti pot secara berkala

Semakin lama tanaman akan tumbuh dan menjadi lebih besar. Karena itu Anda harus mengganti tanaman dalam pot. Taruh tanaman pada pot yang lebih besar. Hal ini agar akar tanaman mempunyai ruang untuk tumbuh kembali. Pilih pot yang memiliki drainase air yang baik. Ini untuk menghindari genangan air dalam pot.

Pangkas tanaman

Tanaman yang sehat adalah tanaman yang terawat dengan baik. Rawat tanaman dengan baik. Jika daun tanaman sudah bertambah, pangkas. Potong daun yang rusak. Dengan cara ini daun yang rusak tidak akan menyebar ke daun lain.

Selalu bersihkan tanaman

Seperti kita ketahui, debu bisa hinggap dimana-mana, termasuk pada tumbuhan. Debu yang menempel pada tanaman dapat menghambat fotosintesis tanaman dan akibatnya pertumbuhan tanaman akan terhambat. Selain itu, debu yang menempel pada tanaman akan mengurangi keindahan tanaman itu sendiri. Selamat mencoba! ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *